5+ Contoh Sejarah Sebagai Peristiwa Di Sertai Gambar dan Penjelasan

Author: | Posted in sejarah indonesia No comments

sejarah sebagai peristiwa- pada materi sebelumnya pintasilmu.com telah mengupas tentang benteng kuto besak. Dan pada kesempatan kali ini kita akan mengupas sedikit mengenai 5+ Contoh Sejarah Sebagai Peristiwa.

merupakan sejarah yang terjadi dengan adanya suatu bukti dan fakta nyata. Tidak semua peristiwa di masa lalu dinyatakan sebagai sejarah. Sutu peristiwa dinyatakan sebagai peristiwa jikalau peristiwa itu dapat dihubungkan dengan peristiwa lainnya untuk bagian dari proses suatu konteks cerita. diantara peristiwa-peristiwa tersebut terdapat sebuah sebab akibat. Penyebab adalah hal yg menjadikan suatu peristiwa dapat terjadi.

berkelanjutan antara peristiwa yg satu ke peristiwa yg lain dan di dalam sebab akibat meliputi konteks pelaku,waktu serta tempat

Sejarah sebagai peristiwa di artikan sebagai suatu kejadian masa lampau yang terjadi disertai dengan adanya kebenaran dan bukti yang jelas. Oleh karena itu, sejarah sebagai peristiwa terdapat 2 ciri-ciri, yaitu objektif dan empiris. Objektif merupakan akumulasi kebenaran, sementara empiris merupakan data sebenarnya.

Berikut ini beberapa contoh sejarah sebagai peristiwa yaitu :

1. Peristiwa Rengas Dengklok

peristiwa sejarah

rengas dengklok

Peristiwa rengas dengklok merupakan peristiwa diculiknya  golongan muda seperti Soekarno dan Hatta saat menjelang proklamasi. Penculikan ini terjadi pada tanggal 16 Agustus 1945 pukul 03.00 yang bertujuan untuk mendesak mereka supaya mensegerakan proklamasi Indonesia. Di lihat dari fakta yang ada, peristiwa rengas dengklok memang ada atau terjadi, sehingga ia termasuk kategori sebagai contoh sejarah sebagai peristiwa.

2. Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan RI

peristiwa sejarah

proklamsi

Peristiwa pembacaan teks proklamasi oleh Ir. Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta yang menjadi pondasi awal untuk membawa kehidupan berbangsa yang mandiri. bukti berupa teks, dan kesaksian mereka yang ikut terlibat dalam proklamasi itu sehingga peristiwa proklamasi bisa dinyatakan sebagai contoh sejarah sebagai peristiwa.

3. Peristiwa Sejarah Serangan Umum 1 Maret 1949

peristiwa sejarah

serangan umum 1 maret

Peristiwa serangan di kota Jogjakarta oleh pasukan Tentara Nasional Indonesia pada tanggal 1 Maret 1949  . Kota Jogjakarta yang saat itu di taklukan oleh Belanda dan para sekutu. Tapi berhasil direbut kembali oleh Tentara Nasional Indonesia dengan makksud untuk membuktikan kepada dunia bahwa Indonesia merupakan negara yang merdeka dan mempunyai kedaulatan sendiri.

4. Peristiwa Kerusuhan Mei 1998

peristiwa sejarah

peristiwa kerusuhan

Suatu peristiwa kerusuhan ras terhadap etnis Tionghoa  tanggal 13 mei 1998  sampai 15 Mei 1998. Kerusuhan ini akibat dari kondisi krisis ekonomi serta terbunuhnya 4 mahasiswa Universitas Trisakti. Bisa di bilang peristiwa ini termasuk baru dan mempunyai bukti nyata yang komprehensif. Sehingga peristiwa kerusuhan mei 1998  termasuk kategori sejarah sebagai peristiwa.

5. Peristiwa Bom Bali I

peristiwa sejarah

bom bali

Bom Bali I ialah rentetan peristiwa pengeoboman yang terjadi pada tanggal 12 Oktober 2002 di Pulau Bali. terjadi 3 ledakan bom dalam peristiwa itu, dua di Kuta, Legian, dan 1 lagi di dekat Konsulat Amerika Serikat. Peristiwa ini memakan 202 korban jiwa dan mengakibatkan 209 orang terluka. Untuk mengingatnya, peristiwa ini disejarahkan dalam bentuk monumen yang tertulis daftar nama korban jiwa yang meninggal.

Demikian ulasan mengenai Contoh Sejarah sebagai Peristiwa semoga bermanfaat >>>

Add Your Comment