5+ Pusaka Leluhur Di Tanah Jawa Beserta Penjelasan Dan Gambar

Author: | Posted in sejarah indonesia No comments

Pusaka Leluhur di Tanah Jawa- sebelum penjajah datang ke tanah jawa, para leluhur kita sudah banyak mendirikan kerajaa. Tiap-tiap kerajaan mempunyai raja serta punggawa dan para abdi-abdi  yang mempunyai kesaktian.

Dan masing-masing raja,punggawa serta para abdi juga mempunyai pusaka yang sakti seperti kesaktian para pemiliknya seperti  pusaka tombak,keris dan gada. Dari sebagian pusaka yang di miliki para raja,punggawa serta para abdi yang menjadi senjata pamungkas adalah Keris Pusaka.

Zaman dulu keris pusaka mempunyai kekuatan ghaib yang kesaktiannya sangat luar biasa dan bisa menumbangkan musuh dalam sekejap. Keris ini merupakan senjata utama raja,punggawa dan para abdi terdahulu. Hampir semua orang jawa mempunyai keris pusaka sebagai senjata pamungkasnya.

Keberadaa keris di tanah jawa sudah meluas ke luar dan membuat banyak orang menjadi penasaran. Keris merupakan salah satu senjata khas Indonesia. Banyak orang yang berusaha keras untuk mencari dan ingin memilikinya.

nah, pada kesempatan kali ini pintasilmu.com akan menjelaskan mengenai  5 pusaka leluhur di tanah jawa beserta penjelasan dan gambar

berikut ini 5 pusaka leluhur di tanah jawa  yang di anggap memiliki kekuatan ghaib yang tinggi :

1. Keris Pusaka Empu Gandring

Keris Empu Gandring merupakan keris paling sakti di tanah jawa . keris ini mulanya di pesan ken arok dari raja singhasari dia memesan keris kepada pande keris yang bernama empu Gandring. Saat pesan ken arok ini mempunyai keinginan khusus yaitu kerisnya harus di selesaikan dalam waktu 1 malam saja.

Waktu yang mustahil di kerjakan namun empu gandring menyanggupi persyaratan itu. Pada saat yang di tentukan tiba. Ken arok datang dengan tujuan untuk mengambil keris pesanannya tapi saat ken arok datang mpu gandring baru membuatkan sarung kerisnya saja.

Karena mpu gandring tidak bisa menyelesaikan dalam waktu 1 malam ken arok pun marah dan menusuk sang empu dari belakang dengan keris ciptaannya sendiri. Dalam kondisi sekarat sang empu sempat mengucapkan kutukan kepada ken arok bahwa keris itu akan memakan korban sampai 7 keturunan dari ken arok.

Ternyata tidak salah keris empu Gandring terlibat dalam perebutan kekuasaan di kerajaan singhasari dan membinasakan banyak raja termasuk ken arok. Namun kekuatan keris empu Gandring dapat di tundukkan oleh raja jawa dan di hanguskan di kawah gunung kelud.

2. Keris Pusaka Setan Kober

Keris pusaka ini di ciptakan oleh seorang empu yang Bernama empu Supo Mandagri . dian merupakan keturunan empu yang berasal dari tuban. Dalam kisah sejarahnya  empu Supo menganut agama islam kepada sunan ampel.

Keris ini dulunya bernama “Bronggot Setan Kober” yang di ciptakan pada awal berdirinya kerajaan islam demak bintaro di jawa tengah. Dalam riwayatnya keris setan kober di berikan kepada Syekh jafar Sodiq atau sunan kudus ketika berada dalam perjalanan dan di berikan lagi kepada Arya Penangsang.

3. Keris Pusaka Kyai Sengkelat

Yang membuat keris sengkelat masih sama dengan pembuat keris setan kober yaitu empu Supo mandragi dari kerajaan majapahit. Saat itu sunan ampel mendpatkan besi ketika saat bermunajat sunan ampel akhirnya menyuruh muridnya yang ahli dalam pembuatan keris untuk menciptakan pedang dari besi tersebut.

Karena bisa itu di kira mempunyai ke istimewaan  tapi empu supo justru menjadikan keris itu luk 13. Ketika akan diserahkan, sunan ampel kecewa kemudian menyurh supaya keris di serahkan ke raja brawijaya V. Karena kesaktian yang luar biasa prabu brawijaya pun  menjadikannya sebagai mascot kerajaan.

4. Keris Pusaka Nagasasra Sabuk Inten

Merupakan peninggalan kerajaan majapahit di saat majapahit di di atur oleh prabu brawijaya ke-5. Saat itu kerajaan majapahit sedang dalam keadaan tidak terkondisikan. Karena wabah penyakit dan serbuan dari kerajaan lain. Raja pun kemudian menyuruh empu supo untuk menciptakan sebuah keris yang mampu membuat kejaan majapahit makmur kembali.

Setelah selang waktu 40 hari di sebuah bukit, empu supo kemudian menciptakan keris pusaka Nagasasra Sabuk Inten. Dengan bentuk kerisnya luk 13 serta ada ukiran kepala naga  dan juga dipenuhi dengan ukiran emas serta berlian. Di yakini keris itu mampu mencegah majapahit dari serangan kerajaan blambangan dan penyakit.

5. Keris Pusaka Kalam Munyeng

Keris pusaka Sunan Giri yang nama kecilnya dulu di kenal denga nama Raden Paku alias Muhammad Ainul Yakin. Dia tidak saja di kenal sebagai pemuka agama islam tapi juga pembaharu pada zamannya.

Bahkan pesantren di gresik di jadikan pusat politik yang sangat penting di masa itu. Saat Raden Patah meninggalkan diri dari kekuasaan Majapahit, sunan malah sebagai penasehat serta menjadi panglima Kesultanan Demak.

Menyebarnya pengaruh sunan Giri di Gresik menjadikan prabu brawijaya murka. Ia menyuruh sang patih  Gaja Mada ke giri. Penduduk giri menjadi gelisah serta takut dan berlari ke kedaton sunan pada waktu itu sunan giri sedang menulis . karena terkejut mendengar berita bahwa musuh akan datang memporak porandakan gresik .

Kemudian sunan giri bermunajat kepada sang pencipta ternyata pena yang di lempar sunan giri berubah menjadi sebuah keris pusaka yang berputar dan membinasakan sebagian dari pasukan majapahit dan sisa pasukan dari majapahit kabur menuju ke majapahit.

Kemudian keris pusaka itu tergeletak tepat di hadapan sunan giri dengan berlumuran. Kemudian sunan giri bermunjat kepada sang pencipta dan mengatakan kepada rakyatnya bahwa kerisnya yang sakti dan ampuh akan di namai Kalam Munyeng.

Itulah sebagian 5 pusaka leluhur di tanah jawa semoga bermanfaat >>>>

Add Your Comment