6+ Foto Peninggalan Kerajaan Aceh Berserta Penjelasannya

Author: | Posted in sejarah indonesia No comments

Peninggalan Kerajaan Aceh -Kerajaan Aceh merupakan kerajaan Islam yang berdiri di akhir abad ke 14 Masehi di wilayah Provinsi Aceh. sultan pertama di kerajaan aceh bernama Sultan Ali Muhayat Syah ini yang mempunyai peranan penting dalam penyebaran Islam .

Bukti kerajaan Aceh membekas pada beberapa peninggalan Kerajaan Aceh seperti yang akan saya kupas pada artikel berikut ini.

Berikut ini beberapa foto peninggalan Kerajaan Aceh yang menjadi bukti dan mempunyai peranan penting dalam jalur perdagangan dan penyebaran agama Islam.

1. Masjid Raya Baiturrahman

 

peninggalan aceh

Foto Peninggalan Kerajaan Aceh

Peninggalan Kerajaan Aceh yang pertama adalah Masjid Raya Baiturrahman. Masjid yang di dirikan oleh Sultan Iskandar Muda pada tahun 1612 Masehi. Saat agresi militer Belanda II, masjid ini pernah dibakar. Tapi, pada jeda 4 tahun sesudahnya, Belanda mendirikan kembali dengan tujuan untuk menghentikan amarah rakyat Aceh yang ingin melawan belanda.

Ketika terjadi bencana Tsunami pada 2004 lalu, masjid ini sempat menjadi pelindung bagi sebagian masyarakat Aceh. Kekokohan bangunannya tak bisa dihancur oleh ombak laut yang saat itu meluluhlantahkan kota Banda Aceh.

2. Benteng Indrapatra

peninggalan aceh

indraprata

Peninggalan Kerajaan Aceh berikutnya adalah Benteng Indrapatra. Benteng indrapatra adalah suatu benteng pertahanan yang sebenar nya sudah ada sejak masa kekuasaan Kerajaan Lamuri.  kerajaan Hindu tertua di Aceh yaitu,sejak abad ke 7 Masehi. Benteng ini berada di Desa Ladong, Kec. Masjid Raya, Kab. Aceh. benting ini juga memiliki peranan penting dalam melindungi rakyat Aceh dari serangan meriam Portugis.

Saat ini kalian hanya dapat melihat 2 benteng yang masih kokoh berdiri. Benteng ini mempunyai ukuran 70 meter x 70 meter dengan tinggi 4 meter dan tebal sekitar 2 meter. Selain sebagai tempat peninggalan bersejarah, benteng ini juga di jadikan sebagai objek wisata unggulan Kab. Aceh Besar.

3. Gunongan Gunongan

peninggalan aceh

gunung ganongan

merupakan sebuah taman lengkap dengan bangunan keratonnya. Taman ini menurut sejarahnya merupakan pembuktian cinta Sultan kepada sang permaisuri. Permaisuri yang tidak di ketahui namanya ini merupakan putri raja Kerajaan Pahang yang menjadi tawanan karena kalah perang. Sang Sultan jatuh cinta dan akhirnya mempersuntingnya, hingga permaisuri meminta dibuatkan sebuah taman yang sama dengan kerajaannya dulu demi mengobati rasa rindunya.

Gunongan letaknya tidak begitu jauh dari Masjid Raya Baiturrahman yakni, berada di Desa Sukaramai, Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh. Jika berlibur ke Banda Aceh, jangan lupa sempatkan mampir  di taman asmara ini.

4. Makam Sultan Iskandar Muda

makam sultan aceh

makam sultan iskandar muda

Peninggalan Kerajaan Aceh berikutnya adalah Makam dari Raja Kerajaan Aceh yang paling terkenal yakni,Sultan Iskandar Muda. Makam yang berada di Kelurahan Peuniti, Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh ini sangat dominan dengan nuansa Islami. Ukiran serta pahatan kaligrafi di batu nisannya sangatlah indah dan merupakan bukti sejarah masuknya Islam di Indonesia.

5. Meriam Kerajaan Aceh

meriam aceh

meriam

Kesultanan Aceh telah mampu menciptakan persenjataannya sendiri. Sebagai pembuktian akan hal itu adalah keberadaan meriam tua yang sekarang berjajar di benteng Indraparta dan musium Aceh. Awalnya meriam ini di duga berasal dari pembelian ke Kerajaan Turki, tapi setelah di observasi kembali, ternyata bukan. Tenaga ahli kerajaan Aceh-lah yang menciptakan dengan bekal ilmu yang mereka punya. Peninggalan satu ini sangatlah penting untuk melawan para penjajah dan kapal-kapal perang musuh.

6. Uang Emas Kerajaan Aceh

koin kerajaan aceh

koin emas

Aceh berada di jalur yang sangat strategis. Hal ini menjadikan kerajaan Aceh untuk terdorong membuat mata uangnya sendiri. Uang logam yang di buat dari emas murni dengan nama-nama raja yang memerintah Aceh. Koin ini masih kerap sekali di jumpai dan juga menjadi harta karun yang sangat di cari oleh sebagian orang. Koin ini juga bisa di duga sebagai salah satu peninggalan Kerajaan Aceh.

demikianlah sekilas pembahasan mengenai 6 foto peninggalan Kerajaan Aceh lengkap dengan penjelasan dan gambar-gambarnya. Semoga bermanfaat

Add Your Comment