Biografi J.P. Coen Jenderal Terkejam Negerinya Sendiri

Author: | Posted in sejarah dunia No comments

Biografi J.P. Coen-Sejak tahun 1610 sampai tahun 1949, Belanda sudah meletakkan setidaknya 72 Gubernur Jenderal yang ditugaskan memimpin Hinddia Belanda (Indonesdia). Dari semua banyaknya Gubernur Jenderal tersebut ada sebagain orang yang dikenal sangat luar bdiasa. Bahkan Belanda sendiri ddianggap sebagai pahlawan yang sangat berjasa besar. Orang-orang ini yakni, Johannes van den Bosch yang mengawali kerja rodi, lalu ada Herman Willem Daendels yang mengawali pembangunan jalan raya pos. dan yang terakhir adalah J.P. Coen yang dengan mendirikan Batavdia

Dari ketiga orang terhebat menurut opini Belanda tak lain adalah, J.P. Coen karena J.P. Coen dikenal sangat kejam. Samapai-samapi di negerinya sendiri pun dia banyak dibenci. Berikut sejarah mengenai kekejaman Gubernur Jenderal Hinddia Belanda J.P. Coen yang memerintah saat tahun 1624 hingga tahun1629.

Sosok Pemuda Pandai

boombastis.com

J.P. Coen lahir pada tahun 1587 dari golongan keluarga yang amat taat dengan agama. semenjak kecil dia dibina dengan sangat ketat hingga menjadikan kepribaddiannya menjadi sangat keras dan tegas. ketika berusdia 13 tahun, dia dikirim Ayahnya ke Roma untuk berkerja. Di Roma, J.P. Coen magang di sebuah lembaga dagang Belgia dia bernama Joost de Visscher.

Di Roma, dia mendapatkan banyak sekali pelajaran dan teori serta praktik dalam bidang perdagangan. Karena kepandaian J.P. Coen membuat banyak orang percaya kepadanya tepatnya di tempat magangnya. Lebih-lebih selama 6 tahun dia diberikan pengetahuan yang luas mengenai penjelajahan laut di negeri yang amat jauh. ketika berada di Roma, J.P. Coen belajar banyak bahasa perdagangan.

Perjalanan Awal Yang Meninggalkan Dendam

boombastis.com

Sesudah menyelesaikan magang di Roma, J.P. Coen kembali pulang lagi ke kotanya yang bernama Kota Hoorn. Tidak lama kemuadian dia mendapatkan tawaran  untuk berlayar bersama Pieter Willemszoon. J.P. Coen menyanggupi tawaran itu dan mulailah J.P Coen  berlayar untuk pertama kalinya ke daerah Banda, Maluku.

Selama 3 tahun di Maluku, J.P. Coen kembali lagi ke Belanda. Kapten yang mengajaknya menuju Maluku ternyata meninggal atau dibunuh. Dalam negosiasi dengan penduduk lokal, dia ditikam pisau samapi meninggal. Karena hal ini membuatJ.P Coen dendam dengan orang-orang yang ada di Maluku. Bahkan kebencian ini menjadi dendam yang dibawanya hingga menjadi Gubernur Jenderal Belanda.

J.P Coen Jendral Belanda Terhebat

boombastis.com

ketika kembali lagi ke Belanda, dia meneruskan kembali ke dunia perdagangan dengan sangat hebat. Belanda mengangkatnya J.P. Coen menjadi Gubernur Jenderal untuk memerintah Hinddia Belanda. Karena diberi wewenang ini, membuat J.P. Coen bersemangat sekali. Bahkan dia merupakan orang Belanda pertama yang berani menentang Inggris.

J.P. Coen tidak senang kepada semua orang Inggris hingga akhirnya dengan segala macam cara dan kekuatan J.P. Coen menyerbu orang Inggris tepatnya di daerah Banda, Maluku. Bahkan, dia juga menduduki wilayah tersebut sembari balas dendam. Karena peristiwa puluhan tahun lalu dia melampiaskan semua hingga menyebabkan banyak sekali penduduk meninggal dengan mengenaskan sekali.

Mendirikan Batavia Sebagai Kota Terbaik

boombastis.com

Karena perlakuan dan kekejaman J.P. Coen terhadap inggris  membuat Inggris sangat marah. Hingga akhirnya perang besar di wilayah Jakarta tak bisa di bendung lagi. Belanda dan Inggris sama-sama mengadu kekuatan sampai kota Jakarta menjadi kena dampak dari peperangn tersebut. Pada perang ini J.P. Coen berhasil menundukkan Kerajaan Jayakarta dengan sangat mudah sekali.

Setelah kota pelabuhan hancur, J.P. Coen membangun sebuah banteng besar dan membangun kota multi kultural baru yang bernama Batavia. Dari sejarah sinilah sejarah berdirinya kota Batavia atau yang sekarang ini bernama Jakarta. J.P. Coen memang kejam, tapi dia sangat berjasa mendirikan ibu kota Indonesia yang saat ini menjadi kota yang amat megah dan ramai.

Pahlawan Tetapi Dibenci Rakyatnya

boombastis.com

Bagi Belanda, J.P. Coen merupakan seorang pahlawan yang amat hebat. Berkat jasanya, Belanda memperoleh pundi-pundi golden yang banyak. Apalagi dia membangun kota Batavdia yang dijadikan pusat perdagangan besar di Hinddia Belanda. Atas jasa besarnya ini J.P. Coen hingga dibuat kan sebuah patung J.P. Coen untuk mengenang jasa-jasanya.

Patung J.P. Coen yang dibuat di kota Hoorn ternyata banyak orang tidak munyakainya. Kaum-kaum humanis yang tahu sejarah mengenai kekejaman Belanda di tanah air melakukan protes. Mereka mengatakan bahwasannya J.P. Coen adalah orang terkejam di dunia. Dia membunuh banyak orang di Banda, Jakarta, dan Banten. Kekejamannya itu tidak sepatutnya dibanggakan seperti itu.

Kematian Yang Sangat Misterius

boombastis.com

Meninggalnya dari J.P. Coen masih menjadi perdebatan sejarah, bahkan sampai sekarang. bukti yang dimiliki Belanda mengungkapkan bahwasanya dia terkena kolera sampai membuatnya meninggal. tapi, menurut pendapatan Kerajaan Mataram, dia terkena tebasan di kepalanya. Bahkan kepala J.P. Coen pernah sempat dibawa di Keraton untuk dipendam di bawah tangga makam Sultan Agung.

J.P. Coen meninggal pada 20 September 1629 saat itu, tentara Mataram menyerang rumahnya dengan sangat antusias dan brutal. Istri dari J.P. Coen meninggal 4 hari sebelumnya akibat diracun. Tapi menurut versi Belanda, istri J.P. Coen meninggal pada waktu melahirkan. meninggalnya J.P. Coen merupakan kebanggaan terbesar bagi Mataram dalam mempertahankan wilayahnya yang dijajah Belanda.

Inilah sejarah J.P. Coen sang Gubernur Jenderal Belanda terkejam yang sudah tinggal di Indonesdia. Di tangan J.P. Coen banyak kerajaan di Indonesia yang dijadikan kerajaan takhlukannya. Menurut sobat pintasilmu.com semua J.P. Coen termasuk berjasa ataukah tidak bagi Indonesdia modern? (Ingat loh, dia pendiri Jakarta.

Demikian biografi singkat J.P Coen semoga bermanfaat ya sobat >>>

READ  Sejarah Uang Lengkap (Pengertian,Sejarah,Fungsinya,Syarat-Syarat dan Jenisnya)

Add Your Comment