Cara Cepat Diet Tanpa Bahayakan Kesehatan Kita

Author: | Posted in Kesehatan No comments

Cara Cepat Diet-Mau punya badan yang ideal? Boleh-boleh saja kalau kalian menginginkannya dengan metode diet. Tapi kalian harus hati-hati, dan pintar-pintar memilihnya. Jika salah memilih bukan berat badan menurun, tapi malah timbangan Kalian semakin melonjak drastis. Bahkan juda ada beberapa diet berbahaya dan mengakibatkan gangguan kesehatan. nah, itu sebabnya, Kalian harus melakukan diet sehat alami supaya berat badan turun. Lalu, bagaimana sih cara diet sehat alami tanpa membahayakan kesehatan? Simak artikal dibawah ini.

Cara Cepat Diet Sehat Tanpa Membahayakan Kesehatan

Pada umumnya, berat badan yang berlebihan diakibatkan karena kebanyakan kalori yang masuk dalam tubuh kalian. sehingga kalori yang keluar tidak seimbang dengan kalori yang masuk, akibat dari hal ini kalori tersebut menumpuk dan berubah jadi lemak. Dan akhirnya lemaklah yang menjadikan perut Kalian gemuk dan ukuran paha juga lengan bertambah besar.

Meski Kalian sangat ingin sekali mempunyai berat badan yang ideal, sebaiknya Kalian harus memilih diet yang tidak membahayakan kesehatan. Tidak sulit kok untuk melakukannya diet sehat alami, kenyataannya semua orang kelebihan berat badan ataupun tidak harus melakukan diet ini supaya terhindar dari bermacam-macam penyakit kronis di kemudian hari. Lalu, bagaimana sih cara diet yang alami dan sehat?

1. Memilih Makanan Yang Tepat

Pertama dengan memilih makananan yang di makan sehari-hari. Ya, asupan makanan yang tepat sangat  berperan penting bagi keberhasilan diet kalian.

Cara ini dapat Kalian lakukan dengan menjauhi makanan yang mengandung lemak yang berlebihan serta mengandung gula tinggi. Makanan dengan kadar gula tinggi mempunyai nilai kalori tinggi yang mengakibatkan buruknya bagi tubuh kalian. dan, jauhilah makanan kemasan serta gorengan sebab makanan ini dapat menggagalkan diet kalian.

Justru sebaliknya kalau Kalian ingin menjalani diet, perbanyaklah mengonsumsi buah dan sayur. namun, bukan berarti Kalian menjauhi makan pokok seperti nasi dan lauk-pauk ya. Semua makanan tetap diperlukan bagi tubuh, tetapi Kalian harus mengatur porsinya secara baik.

READ  10+ Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami dan Cepat

2. Mengatur Sesuai Dengan Kebutuhan

Sesudah memilih makanan-makanan yang tepat, lalu mengatur porsi makanan itu sendiri. Kalian harus mengonsumsi sesuai dengan kebutuhan kalori per harinya. Tapi perlu di ingat bahwa tidak sembarangn untuk menghitungnya. jikalau Kalian kesulitan Kalian bisa mendatangi untuk berkonsultasi kepada para ahli gizi. Namun, bagi Kalian yang mempunyai berat badan, biasanya akan diizinkan untuk mengonsumsi makanan 1300 kalori.

Untuk melakukan cara diet,bahwa dalam 1 kali makan Kalian harus mensetarakan semua zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Kalian bisa menyesuaikannya dengan metode gizi seimbang, yakni karbohidrat, lemak, protein, vitamin, maupun mineral.

Jadi, setiap 1 kali makan, Kalian setidaknya harus mengonsumsi makanan pokok, lauk pauk hewani,nabati, sayur 1 mangkuk, serta buah. Kalian bisa mengatur porsi sesuai dengan aturan gizi seimbang.

3. Mengganti Gula Dengan Pemanis Sehat

Kebanyakan orang kerap sekali meremehkan cara diet yang satu ini. Padahal, cara diet mengganti gula dengan pemanis merupakan salah satu cara yang ampuh untuk menurunkan berat badan.

Banyak orang yang tidak mengerti seberapa banyak mengonsumsi gula dalam 1 harinya. Perlu kalian ingat bahwasannya gula dan makanan manis merupakan makanan yang menyebabkan berat badan berlebih.Mulai saat ini,sebaiknya gantilah gula dengan pemanis yang mempunyai kalori rendah tetapi tidak beda jauh manisnya dengan gula. Saat ini banyak pemanis buatan yang mempunyai kalori rendah, aman bagi kadar gula darah.sehingga tidak membuat berat badan kalian bertambah.

4. Membuat Olahraga Sebagai Kebutuhan

Olahraga merupakan cara diet alami yang sangat mudah dilakukan.diet sehat tidak akan bekerja dengan baik jika tidak melakukan olahraga. Oleh karena itu, mulai dari sekarang jadikanlah olahraga untuk kebutuhan utama.

Tubuh perlu sekali mengeluarkan dan membakar semua kalori-kalori yang masuk ke tubuh. Kalau bukan dengan cara olahraga setiap hari, lalu dengan cara apa lagi kalori itu lemak itu bisa dihilangkan?

Mulailah membiasakan olahraga setiap hari, setidaknya 50 menit. Untuk memulainya, Kalian bisa berjalan santai ataupun jogging selama kurang lebih 30 menit.

5. Penerapan Pola Hidup Sehat

Setelah melakukan bermacam cara diet seperti yang sudah dijelaskan di atas, alangkah baiknya Kalian harus menerapkan pola hidup baik secara keseluruhan. Apa saja sih pola hidup yang baik itu?

READ  Cara Merawat dan Mengatasi Rambut Kering berserta Gambar

Ini dapat Kalian terapkan dengan bermacam cara, seperti tidur dengan cukup dan juga paling utama hindari begadang. Lalu, hindari pula mengonsumsi alcohol.hal akan membantu diet Kalian berjalan dengan baik dan sempurna.

Memilih Makanan Diet Sehari-Hari

Sebetulnya ada banyak sekali makanan yang bisa Kalian konsumsi. Namun, beberapa jenis makanan di bawah ini mungkin saja bisa jadi referensi Kalian.

1. Oatmeal

Oatmeal merupakan salah satu makanan diet yang sering dikonsumsi. Bahkan oatmeal dapat dibilang sebagai makanan diet yang harus ada disetiap menu makanan kalian.

Para peneliti dari University of California sudah membuktikan bahwa mengkonsumsi outmeal sangat membantu menurunkan berat.

Dalam penelitian itu dijelaskan bahwa orang yang sering sarapan dengan oatmeal, mempunyai indeks massa tubuh lebih rendah dibanding orang yang tidak makan sama sekali. Hal ini diakibatkan karena oatmeal merupakan makanan yang banyak mengandung serat tinggi dan nilai indeks glikemik rendah.

Dalam oatmeal juga terdapat Kandungan protein magnesium, fosfor, dan vitamin B1 yang berfungsi untuk menghasilkan energi sehingga merasa tetap semangat untuk beraktivitas.

2. Apel

Buah yang berwarna merah atau hijau ini memang mempunyai kandungan zat gizi baik dan mampu mendorong usaha Kalian dalam menurunkan berat badan. Dalam 1 buah apel ukuran kecil hanya mengandung 50 kalori dengan 12 gram karbohidrat. Sementara  itu serat yang terkandung di dalamnya merupakan serat larut air yang mampu membuat tahan lapar lebih lama. Ini artinya, Kalian dapat menjadikan apel sebagai selingan makanan diet di sela-sela waktu makan.Tujuannya agar mencegah mengonsumsi makanan yang berlebihan.

3. Putih telur

Biasanya putih telur selalu dikonsumsi para binaragawan untuk dijadikan menu diet. Tidak halnya seperti kuning telur, putih telur sangat tinggi protein tetapi rendah lemak, sehingga cocok dijadikan untuk makanan diet Kalian.

dalam 80 gram putih telur terdapat protein 10,9 gram. Sementara, lemaknya sekitar 0,17 gram. Dikarenakan rendah lemak, Kalian tidak perlu takut makanan ini akan menambah berat badan kalian.

Dan makanan diet ini tidak memiliki nilai indeks glikemik, dikarenakan tidak mempunyai kandungan karbohidrat, sehingga orang yang mengidap diabetes dapat dengan aman mengonsumsi putih telur.

4. Brokoli

Brokoli bisa dijadikan sebagai salah satu makanan diet.Sebab brokoli rendah kalori tetapi kaya akan vitamin, serat, serta mineral. Bias kalian bayangkan, 1 gelas penuh dengan potongan brokoli hanya terdapat 30 kalori saja. Sementara kandungan seratnya mempunyai serat sebanyak 5 gram yang mampu membantu membuat kenyang seharian.

READ  Inilah 8 Bahaya Minum Kopi Bagi Kaum Millenials Yang Harus Kalian Ketahui

Tidak itu saja bagi orang yang mengidap diabetes, sayuran jenis ini dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Jadi, meski memakan brokoli yang berlebihan tidak akan menjadikan gula darah Kalian naik.

Merancang menu diet sehat untuk sehari-hari

sebetulnya merancang menu diet tidaklah sulit, selama makanan dan camilan yang kalian konsumsi banyak mengandung serat, protein, karbohidrat yang kompleks serta sedikit lemak. Berikut ini beberapa anjuran menu diet yang dapat Kalian lakukan dirumah..

Menu Diet Satu

Sarapan

  • Teh atau kopi dengan gula.
  • jangan ditambahkan susu
  • 2 lembar roti gandum utuh dengan dicampur mentega

Makan siang

  • Dada ayam panggang dengan baluran butter
  • Sayuran rebus (seperti wortel, brokoli, jagung) dan kentang tumbuk.
  • Segelas air mineral

Makan malam

  • Steak daging tanpa lemak
  • Kentang tumbuk
  • Segelas air mineral

Menu Diet Dua

Sarapan

  • Secangkir yogurt dengan madu
  • 1 buah pisang
  • Segelas air putih

Makan siang

  • Salad sayur ditambah makaroni,
  • pakai minyak zaitun agar lebih sehat
  • Segelas air mineral

Makan malam

  • Dada ayam rebus tanpa kulit
  • Setup brokoli dan kacang merah
  • Segelas air putih

Menu Diet Tiga

Sarapan

  • Telur rebus dengan keju

Makan siang

  • Nasi merah
  • Pepes ikan
  • Tahu atau tempe rebus

Makan malam

  • Salad sayuran tambahkan perasan jeruk lemon, jamur, dan sedikit minyak zaitun
  • Segelas air mineral

Sarapan merupakan hal yang harus Kalian lakukan saat menjalani diet. intinya, jauhi makanan tinggi lemak dan tinggi kalori. perbanyaklah asupan Kalian dengan makanan tinggi protein dan serat supaya Kalian tetap kenyang meski sampai siang hari. Camilan dalam menu diet yang di jelaskan di atas bersifat opsional.

Biasanya makan malam dapat jadi musuh bagi Kalian untuk makan berlebih, terutamanya jika Kalian hanya makan siang sedikit. Dan juga selalu perhatikan porsi makan Kalian. Yang paling ideal, bagilah piring Kalian menjadi empat bagian.

1/4 untuk daging, 1/4 lagi untuk karbohidrat, dan 2/4 terakhir untuk sayuran hijau. Ingat, hindari makanan yang banyak mengandung berlemak atau makanan tinggi gula ketika makan malam.

Add Your Comment