10+ Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami dan Cepat

Author: | Posted in Kesehatan No comments

Cara Menghilangkan Komedo– Selain jerawat, tentunya masalah lain yang kerap mengganggu kulit wajah ialah komedo. walaupun tidak terlalu nampak, komedo sangat mengganggu penampilan kalian bukan jika dilihat dari dekat.

sebelumnya pintasilmu.com sudah membahas mengenai mengatasi rambut kering dan pada kesempatan berikutnya pintasilmu.com akan membahas tentang cara menghilangkan komedo.

Sel kulit yang mati dan menyumbat pori-pori wajah yang di akibatkan minyak berlebihan ini merupakan satu golongan jerawat ringan dengan 2 jenis yang paling populer yaitu komedo blackhead yang memiliki warna hitam ataupun cokelat, dan komedo whitehead memiliki warna putih.

Namun tenang! buat kalian yang mempunyai komedo, ternyata ada cara sederhana dan tanpa perlu mengeluarkan biaya untuk mengobatinya. Mari kalian simak bagaimana sih cara mengatasi komedo secara alami dan cepat.

1. Tomat

tomat

Tomat banyak Mengandung likopen yang bersifat anti-oksidan, tomat di yakini mampu mencegah dan menghilangkan komedo sebab tomat dapat menangkal radikal bebas, dan membersihkan sel-sel kulit mati yang tersumbat di pori-pori. jika rutin memakainya untuk masker wajah, pori-pori kulit itu akan semakin mengecil sehingga bakteri tidak akan bisa masuk.

Cucilah tomat sampai bersih kemudian tumbuk halus atau blender, dan oleskan pada bagian wajah dengan merata . Kemudian diamkan kurang lebih selama 40 menit sampai masker mengering, kemudian cucilah dengan air dingin. Lakukan cara ini secara rutin untuk hasil yang baik.

2. Kacang kedelai

kacang kedelai

vitamin E yang cukup baik menjadikan kacang kedelai mempunyai manfaat sangat baik untuk kulit. Kacang kedelai ini juga akan berguna sebagai anti-oksidan yang dapat melindungi kulit dari bakteri-bakteri jahat.

READ  Inilah 8 Bahaya Minum Kopi Bagi Kaum Millenials Yang Harus Kalian Ketahui

Sediakan kacang kedelai secukupnya dan rendam selama 7-10 menit, sambil menunggu Basulah wajah dengan air yang hangat supaya pori-pori terbuka. Lalu lembutkan kedelai yang sudah direndam sampai halus kemudian oleskan di bagian wajah secara merata dan tunggu selama 30 menit. Jika sudah setelah itu bilas kembali dengan air hangat.

3. Lidah Buaya

lidah buaya

Lidah Buaya sangat terkenal untuk perawatan tubuh. Bagi yang mempunyai kulit berminyak pasti sudah tidak asing lagi dengan manfaat-manfaat yang terdapat dalam lidah buaya. Sebab lidah buaya mengandung saponin dan astrigent yang berguna sebagai zat anti-mikroba dan anti-bakteri, gel lidah buaya akan dijadikan minyak yang ampuh dan aman menghilangkan komedo.

Ambil daun lidah buaya dan oleskan gel daun tersebut, kemudian oleskan dengan merata sampai ke seluruh wajah. Lakukan pijatan pelan-pelan di area wajah yang berkomedo dengan tujuan untuk mempermudah pengangkatan komedo, kemudian diamkan selama 10-30 menit. cucilah dengan air sampai bersih.

4. Putih Telur

Putih Telur

Putih Telur banyak mengandung protein yang dapat mengecilkan pori-pori wajah yang terbuka. Kandungan magnesiumnya akan menyerap minyak berlebihan. Kedua kandungan itu pasti dapat mengurangi dan menghilangkan komedo yang menempel pada wajah kalian.

Pisahkan 2 atau 3 butir putih telur dari kuningnya, kemudian kocoklah dengan memakai garpu supaya putih telur tidak terlalu kental. Oleskan pada wajah wajah kalian secara merata dan biarkan selama 25 menit, selanjutnya cucilah dengan air dingin. Lakukan cara ini selama 2-3 kali seminggu.

5. Teh Hijau

Teh Hijau

Belakangan ini semakin banyak sekali produk kecantikan menggunakan teh hijau untuk bahan alami perawat kulit? Itu semua dikarenakan kandungan-kandungan ada di dalamnya memang memberikan kaya manfaat baik bagi tubuh bagian dalam maupun bagian luar. vitamin E dan anti-oksidan, teh hijau tentunya akan bisa mencegah radikal bebas yang menjadi penyebab utama terjadinya komedo.

READ  10+ Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami Dan Ampuh

Tempelkan ampas teh hijau dan diamkan selama 10-30 menit hingga ampas mengering. Atau metode lainnya untuk menghilangkan komedo adalah dengan membekukan air teh hijau di dalam freser, dan oleskan di bagian wajah dengan teh hijau yang di bekukan tadi.

6. Lemon

Lemon

Lemon banyak di manfaatkan sebagai bahan kesehatan kulit wajah. Karena lemon mengandung asam alfa hidroksi, lemon dapat mencegah komedo dan jerawat sebab kandungan itu mampu melindungi radikal bebas hingga ke kulit bagian dalam. Kandungan asam sitrat dan astringent dalam lemon akan berkerja mengecilkan pori-pori sehingga kotoran tidak dapat masuk.

Cukup oleskan perasan lemon di bagian wajah kalian dan diamkan selama 25 menit kemudian bilas dengan air hingga bersih. Cara ke dua, cuci wajah kalian dengan air hangat, kemudian potong-potong lemon dan gosokkan pada area yang berkomedo selama 4-6 menit, kemudian cuci wajah kalian degan air dingin.

7. Madu

Madu

Anti-oksidan, anti-bakteri, dan antiseptic madu adalah paket lengkap yang terdapat dalam madu untuk mengatasi tersumbatnya pori-pori pada wajah.

Oleskan madu secara merata ke bagian wajah dan tunggu selama 25 menit. Cucilah wajah kalian dengan air dingin atau air hangat. kalian juga bisa menambahkan bahan lainnya seperti susu ataupun untuk membuat masker wajah yang alami.

8. Campuran Kopi dan Gula

Kopi dan Gula

Ternyata kafein pada kopi dapat membantu pengangkatan sel-sel kulit mati yang tersumbat pori-pori wajah. minyak yang menjadi penyebab utama komedo akan berkurang dengan cara memakai masker kopi. Campurkan bubuk kopi yang sudah diberi air dan gula, kemudian gosokkan pada area wajah yang bermasalah

9. Pasta Gigi

Pasta Gigi

Pasta gigi banyak mengandungĀ flourideĀ danĀ mineral yang bisa menghilangkan komedo, dan mengeringkan jerawat. Oleskan pasta gigi dengan merata ke bagian wajah yang berkomedo atau berjerawat kemudian diamkan selama 25 menit, dan bilas dengan air bersih.

READ  7+ Tips Awet Muda di Usia 30 Tahun ke Atas

Namun perlu kalian ingat! lihatlah dahulu kalau pasta gigi yang kita pakai harus terbuat dari bahan alami agar wajah terbebas dari zat-zat kimia.

10. Terapi Air Hangat

Air Hangat

Air hangat sangat ampuh untuk menghilangkan komedo sebab air hangat dapat membuka pori-pori kulit wajah. Dengan pori-pori yang terbuka komedo akan mudah hilang dan jerawat pada wajah juga akan kering.

Pakailah plester komedo sebelum penguapan wajah dengan air hangat supaya komedo bias terangkat saat melepaskan plester, atau bias juga basahi handuk dengan air hangat lalu usapkan pada wajah yang bermasalah.

Add Your Comment