9+ Misteri Dibalik Gunung Semeru Di Jawa Timur

Author: | Posted in sejarah indonesia No comments

misteri dibalik gunung semeru– Semeru merupakan gunung paling tinggi di pulau Jawa. Gunung semeru menjadi salah satu gunung favorit bagi kalangan pecinta alam khusunya para pendaki. Gunung yang berlokasi di sekitar pegunungan tengger dengan ketinggian  mencapai 3.676 diatas permukaan laut.

Misteri Dibalik Gunung Semeru

Misteri Dibalik Gunung Semeru

Meskipun gunung ini masih aktif, para pendaki masih semangat untuk mencoba gunung ini. Gunung itu mempunyai keindahan alam yang sangat menarik ditambah dengan beberapa danau cantik yang berada di trek pendakian.

Dibalik menariknya gunung semeru ada beberapa misteri yang yang masih belum terpecahkan. Berbagai kisah mistis dan aneh sering dirasakan para pendaki.

Dalam Kesempatan ini pintasilmu.com akan menjelaskan beberapa misteri-misteri sekitar gunung semeru.

Berikut ini beberapa cerita misteri yang terjadi di sekitar area gunung semeru.

1. Mbah Dipo Misteri Dibalik Gunung Semeru

Hampir seluruh gunung di Indonesia mempunyai juru kunci. mereka ini lah yang bisa menerima petuah dari sang gunung. mengenai apa yang akan telah terjadi di gunung seperti  meletusnya  gunung semeru.

Mbah Dipo ialah orang yang sudah tidak asing lagi namanya di kalangan pendaki Semeru. Mbah Dipo merupakan juru kunci Semeru tapi  kini ia telah wafat. Terdapat cerita yang megisahkan kalau Semeru meletus, maka mengalirlah ke arah sungai. Jangan pernah menuju ke arah Gunung Sawur.

2. Misteri Arcopodo Yang Berkaitan Dua patung Ghoib

Kawasan Arcopodo ini kerap dijadikan tempat peristirahatan para pendaki karena mempunyai dataran cukup luas. Konon  cerita yang tersebar, di area ini ada dua patung prajurit dari Kerajaan Majapahit yang hanya bisa dilihat oleh orang yang memiliki mata batin.

Kalau dilihat dari segi namanya, Arcopodo berarti dua arca atau dua penjaga. Sebagian dari pendaki mengaku sempat melihat dua patung ini, tapi kebanyakan selalu menjumpai dalam ukuran tidak sama. Ada yang bilang ukurannya seperti anak kecil, ada juga yang bilang seukuran besar seperti raksasa.

3. Ikan Mas Ranu Kumbolo Perwujdan dewi

Terdapat pantangan yang mengatakan bahwasanya setiap pendaki yang naik Gunung Semeru tidak diperbolehkan memancing ataupun menangkap ikan mas saat berada di Danau Ranu Kumbolo. Karena menurut kepercyaan warga setempat, ikan mas itu merupakan perwujudan dewi yang ditugaskan untuk menjaga dan merawat Ranu Kumbolo.

4. Mitos Keberadaan Dewi Penunggu Ranu Kumbolo

Mitos mengenai ikan mas yang menjadi penunggu Ranu Kumbolo berlanjut dengan penampakan sosok wanita yang sering menampakkan diri di kawasan danau ini. Cerita yang tersebar, wanita ini kali menampakkan diri dengan mengenakan kebaya warna kuning. Dan munculnya itu ditandai adanya kepulan asap saat bulan purnama menjelang tiba.

5. Kawasan Kelik Yang Menyeramkan

Kelik merupakan beberapa batu “in memoriam” yang memberitahukan adanya orang yang meninggal di Gunung Semeru. Contohnya adalah batu “in memoriam”  milik Soe Hok Gie.

peristiwa menakutkan dari tempat itu, kerapnya terjadi kemasukan roh halus kepada orang yang sedang mendaki gunung semeru. Konon cerita pendaki ini dirasuki oleh roh manusia ataupun  roh binatang.

6. Mitos Tanjakan Cinta Di Ranu Kumbolo

Tanjakan cinta adalah jalan pendakian yang harus di lewati ketika menuju puncak dari Ranu Kumbolo. Tanjakan ini sebenarnya tidak begitu terjal, namun memang panjang.

Konon cerita jika bisa melewati tanjakan ini tanpa istirahat sedikit pun serta tanpa menoleh maka permintaan cintamu akan terkabul.oleh Karena itu tanjakan itu terkenal dengan julukan Tanjakan Cinta.

7. Puncak Mahameru Bersemayamnya Para Dewa

Puncak Mahameru merupakan pusat tertinggi di tanah Jawa. kepercayaan masyarakat dulu.  puncak gunung itu merupakan suatu tempat kediaman para dewa. Oleh karena itu buat siapapun yang ingin mendengarkan suara-suara dewa,maka harus semedi dahulu.

8. Gunung Semeru Adalah Induk Gunung Agung

Keyakinan ini dipegang teguh oleh orang Bali. banyak dari orang Bali yakin bahwa Gunung Semeru adalah Induk dari Gunung Agung. Bahkan, orang Bali juga menggalakan upacara sesaji kepada para dewa-dewa yang berkediaman di Gunung Semeru.

Upacara sesaji ini biasanya dijalani setiap 8 – 12 tahun sekali, yakni pada saat seseorang menangkap suara ghaib dari dewa Gunung Semeru. Selain upacara sesaji ini, orang Bali juga kerap mendatangi  Gua Widodaren di Bromo untuk mendapatkan air Suci.

9. Gunung Semeru Pakunya Pulau Jawa

Ada sebuah cerita yang konon tersirat di kitab kuno abad 15, bahwasanya Pulau Jawa dulunya mengapung di lautan dan terombang ambing. kemudian dewa mengambil tindakan untuk memaku Pulau Jawa dengan Gunung Meru. Gunung semeru tadinya berada di negeri India.dan yang memindahkan ke Pulau Jawa ialah Dewa Wisnu dan Dewa Brahma.

Awalnya gunung semeru ini diletakkan di ujung barat Jawa, namun membuat posisi pulau Jawa berat tidak imbang. Oleh karena itu gunung ini kemudian dibagi menjadi dua gunung yaitu,Gunung Semeru yang di posisikan di samping timur Jawa Timur, dan Gunung Penanggungan di samping barat Jawa.

Demikian penjelasan beberapa Misteri Dibalik Gunung Semeru.  Namun tentu saja, semua kita kembalikan kepada diri kita masing-masing, apakah mau yakin atau tidaknya  dengan misteri-misteri yang telah dijelaskan di atas.

Percaya atau tidak, kita harus tetap mawas diri, tidak melakukan hal-hal yang dianggap merusak keindahan alam serta taat kepada aturan yang ada.

 

 

Add Your Comment