Misteri Lukisan Monalisa Leonardo Da Vinci Lengkap (Sejarah,Pencurian Dan Senyum Monalisa)

Author: | Posted in sejarah dunia No comments

Misteri lukisan monalisa leonardo da vinci- Halo para pencari ilmu, kali ini pintasilmu.com akan menjelaskan sedikit mengenai suatu lukisan yang sangat terkenal dalam dunia seni , yaitu  Lukisan Monalisa. lukisan yang diciptakan oleh pelukis paling berpengaruh didunia yaitu Leonardo Da Vinci. Lukisan ini tidak hanya di lihat karena keindahan dan harganya saja  tapi juga karena misteri dan fakta fakta yang sampai sekarang masih belum terungkap kebenarannya.

misteri lukisan monalisa

sejarah monalisa

Nama Mona Lisa sangat populer di seluruh dunia terutama di dalam dunia seni. Mona lisa adalah sebuah sebuah judul dari lukisan minyak dengan gamabr illusi seorang wanita muda yang diciptakan oleh pelukis terkenal Leonardo da Vinci.

pada abad ke 16.Mona lisa jadi fenomena karena semua orang yang terpukau saat memandang lukisan itu.hal ini karena segala sesuatu mengenai siapakah gambar illusi perempuan muda dalam lukisan ini masih misteri mengenai tahun pembuatannya,hingga mengenai senyumannya.

Sejarah Misteri Lukisan Monalisa

Hingga sampai sekarang masih, belum jelas asal usul dari misteri lukisan monalisa dikarenakan tidak adanya data yang akurat mengenai sejarah misteri lukisan monalisa serta tahun pembuatannya. dan siapakah sebetulnya wanita muda dalam lukisan itu. tidak heran jika terdapat banyak versi mengenai sejarah Lukisan Mona lisa.

tapi saat ini banyak orang yang berpegangan pendapat kepada versi Giorgio Vasari,seorang penulis buku riwayat hidup dari Leonardo Da vinci yang melukis monalisa.

menurutnya, leonardo da vinci mulai melukis monalisa  dan memberikan nama monalisa pada abad ke 19 pada tahun 1503.

pada saat dia kembali dari kota Florence italia,di saat da vinci mendapat tugas dari bangsawan Francesco Di bartolommeo untuk melukis istri ketiga dari bangsawan itu  yang bernama Lisa Di Antonio Maria Di Noldo Ghereadini.

Dia  telah menyelesaikan lukisan ini setelah empat tahun kemudian ,namun herannya dia  tidak menyerahkan Lukisan Mona lisa kepada sang pemesan dengan alasan yang misteri,

da vinci membawa lukisan itu saat berpergian ke perancis pada tahun 1516. Tapi disana lukisannya malah dijual ke pada raja perancis yang sekaligus teman dekatnya dari King Francois pertama
Selama beberapa abad Lukisan itu di jadikan sebagai koleksi raja-raja perancis bahkan digantung diruangan kamar Napoleon Bonaparte,pada saat kekuasaan Napoleon Bonaparte berakhir,lukisan itu disimpan di museum louvre di paris

Pencurian Lukisan Mona Lisa

Dunia seni sempat digemparkan dengan pencurian lukisan monalisa pada tahun 1956.  bagian terbawah dari lukisan Mona lisa rusak karena tersiram cairan asam. dan untuk menjaga dari segala kemungkinan yang terjadi. Maka lukisan monalisa akhirnya disimpan dalam sebuah kotak kaca anti peluru di museum louvre.

Senyum Misteri Lukisan Mona Lisa

senyuman Mona lisa yang misteri itu jadi tanda tanya terutama bagi para pengamat seni, semua orang bertanya tanya,apa perasaan Lisa pada waktu itu? Banyak dugaan pendapat yang mengatakan bahwasanya wanita di wal abad ke 16 memang sudah dilatih untuk selalu tersenyum seperti itu agar terkesan misteri.

Ada pula opini dari seorang dokter italia yang mengatakan bahwa illusi wanita pada lukisan minyak mona lisa. ini mengidap penyakit Bruxism dan yang paling terkenal adalah pendapat dari sigmund freud yang merupakan seorang neurologis terkenal berkebangsaan austria berpendapat bahwa senyum mona lisa adalah senyuman dari Caterina yaitu ibunda dari Leonardo Da vinci,yang senyuman nya selalu di tiru oleh da vinci dalam setiap lukisan yang di ciptakannya.

Dan satu teori terbaru dr.Lilian Schwartz dari bell labs yang berpendapat bahwa sebetulnya Leonardo da vinci itu melukis dirinya sendiri dan untuk membenarkan teori tersebut,dia mengamati bentuk wajah di lukisan mona lisa dan wajah leonardo da vinci dengan menggunakan computer. dan hasil dari pengamatan itu bagi khalayak orang mengatakan bahwa bentuk wajah bagian atas dari lukisan Mona lisa sama persis dengan bentuk wajah bagian atas Leonardo Da Vinci.

demikian sejarah singkat mengenai misteri lukisan monalisa semoga bermanfaat >>>

Add Your Comment