Misteri Wisata Kayangan Api Bojonegoro Jawa Timur

Author: | Posted in sejarah indonesia No comments

kayangan api

Wisata Kayangan Api- wisata yang berada di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur yang letaknya di Desa sendangharjo, Kecamatan ngasem. Kayangan api itu berupa alam yang mempunyai api abadi. dikatakan api abadi sebab nyala apinya yang tidak pernah redup dan mati sejak zaman dahulu kala. Menurut cerita dari mulut ke mulut, api abadi ini menyala saat zaman kerajaan majapahit.

Kekayaan alamnya memang terbilang banyak, terutama gas alam. Menurut ilmuwan, api kayangan ini menyala dikarenakan dalam perut bumi ada mineral gas alam. dikarenakan terdapat cukup banyak dan muncul terus, maka nyala api di tempat itu dapat dipastikan tidak akan pernah padam. Namun anehnya lagi api ini semakin membesar saat sore dan malam hari.

Kalian jangan heran ketika mendatangi api kayangan saat musim hujan. sebab api itu akan tetap menyala walaupun hujan turun. Kejadian alam ini sama dengan kejadian lubang neraka di turkmenistan. Hanya saja api ditempat ini lebih kecil, dibandingkan lubang neraka Turkmenistan.

Jika kalian hendak berkunjung ke tempat itu, kalian akan cepat menemukannya, karena sudah tersedia penunjuk arah jalan yang akan mengarahkan kalian sampai ke api kayangan.

Sejarah Wisata Kayangan Api

sejarah kayangan api

Dan kalian harus tahu bahwa api kayangan ini juga memiliki cerita tersendiri. Banyak para ahli supranatural menghubungkan fenomena ini dengan kejadian mistis zaman dahulu.

sesuai cerita juru kunci di sana, bahwasannya kayangan api merupakan sebuah tempat pembuatan alat pusaka seperti keris. Empu yang menciptakan peralatan itu dikenal dengan nama empu supo. Mbah kriyo jadi seorang empu saat zaman kerajaan majapahit. Disinilah tempat mbh kriyo atau mpu supo mengerjakan pembakaran alat-alatnya.

Tidak jauh dari tempat api abadi, ada sebuah sumur tua yang kedalamannya mencapai 2meter. Air di sumur itu tidak pernah kering dan seperti air yang mendidih. Oleh sebab itu, sumur ini diberi nama  sumur blukutuk.

Keanehan yang ada pada sumur ini adalah, meski airnya tampak seperti layaknya air rebusan yang mendidih, namun, air ini terasa seperti air dingin biasanya jika disentuh. Selain itu, air ini sangat tidak jernih dan menguarkan aroma belerang yang khas.

Lokasi sumur ini cukup aman ketika dikunjungi karena telah diberi pagar pembatas pengunjung. Sama seperti lokasi api kayangan yang dipagari pagar membentuk lingkaran sebagai sarana keamanan bagi pengunjung. Banyak orang memanfaatkan air yang ada di sumur tersebut sebagai obat untuk menyembuhkan segala macam penyakit.

Hal-hal mistis lainnya yang bisa Kalian jumpai di sini adalah sebuah pohon dengan dua buah akar yang berbentuk seperti pintu gerbang. Gerbang alami ini disebut dengan gerbang nogosari. Pintu inilah yang pada zaman kerajaan majapahit menghubungkan tempat pembuatan keris empu supo dengan desa setempat. Saat ini, pohon itu dilewati oleh masyarakat sekitar yang hendak menuju api kayangan.

Kegiatan Di Kayangan Api

Tidak semua orang dapat menggunakan keberadaan Api Kayangan Bojonegoro. Beberapa aktivitas adat yang dapat digelar di tempat api kayangan diantaranya adalah :

Upacara Jumenengan

upacara jemenengan

Upacara ini dilaksanakan dengan memukul gending milik mpu supo. pemukulan gending ini dilaksanakan saat selamatan dan tayuban. Dalam upacara itu, sinden yang menari tidak dibolehkan ada yang menemani. Sinden harus menari sendirian dalam iringan gending yang dipukul atau dibunyikan. Karena menurut cerita sinden yang menari akan di dampingi oleh empu supo.

Acara Ruwatan Masal

ruwatan masal

Ruwatan masal juga dipergunakan di api kayangan ini. lokasi ini cukup strategis untuk dipergunakan oleh warga saat mereka mengadakan acara bersama-sama.

Nyadran Desa

nydran desa

Acara berikutnya yang kerap sekali diadakan di tempat itu adalah nyadran. Dalam jawa, nyadran memiliki arti acara bersama-sama satu kampung.

Selapanan Jum’at Pahing

selapan

Setiap hari jum’at pahing, banyak orang berkunjung ke tempat ini untuk memohon keberkahan. Contohnya seperti ingin dimudahkannya dalam mendapat jodoh, mencari kesuksesan karir, dan beragam permasalahan yang berkaitan dalam kehidupannya.

Sarana Prasana Kayangan Api

prasarana

Makin hari sarana dan prasarana wisata Kayangan Api semakin berkembang. Di sekitar lokasi api yang menyala, ada candi-candi buatan dengan ukuran kecil. Di dalam api kayangan itu juga ada permainan anak-anak seperti, becak, kereta mini dengan lampu.

Demikian ulasan singkat mengenai wisata kayangan api bojonegoro semoga bermanfaat >>>

No Responses

Add Your Comment