Mongol Penguasa Dunia yang Akhirnya Takluk Oleh Islam

Author: | Posted in sejarah dunia No comments

Mongol Penguasa Dunia-sebelumnya pintasilmu.com telah membahas sejarah samudra pasai. dan pada kesempatan kali ini pintasilmu.com akan mengupas tentang Mongol Penguasa Dunia.

Nyaris sekali kita tidak pernah mendengar berita Mongol. Ini merupakan sesuatu yang sangat aneh jikalau kita bandingkan dengan Mongol pada abad pertengahan. walaupun media belum tersedia saat itu, namun nama mereka bak headline kabar yang setiap hari pasti ada.

Mongol merupakan satu-satunya bangsa yang sempat pernah memegang dunia untuk diri sendiri. Namun, lama – kelamaan Mongol yang wilayah kekusasaannya hampir separuh dunia tiba-tiba berkurang menjadi 1,5 juta kilometer saja,

Lalu sebetulnya apa yang membuat mongol hancur? Padahal di masa dulu Mongol jiwa kesatuannya sangat kuat. Pda artikel berikut ini akan saya buka kembali momentum mengenai, sebuah negara besar yang akhirnya runtuh dan hanya tersisa sedikit saja.

1. Mongol di Masa Lalu

perang mongol

sejarah mongol

Mongol mulanya terpilah menjadi suku-suku kecil yang saling berseteru satu sama lain. Sampai akhirnya datang seseorang pemersatu yakni, Temujin. Pemuda ini merupakan tonggak utama  keberhasilan negeri mongol. Temujin kemudian dikenal dengan nama Jenghis Khan. Daerah pertama taklukan dari temujin ialah tiongkok.

Perjuangan Jenghis diteruskan oleh Kubilai Khan dan menghasilkan kesuksesan besar. Jepang, dan korea berhasil ia rebut wilayahnya. Bahkan Mongol sempat ingin menaklukan Jawa yakni, kerajaan singhasari. Namun, Raden Wijaya berhasil mengusir bala tentara mongol dengan melakukan siasat jitu.

2. Mongol Menguasai Baghdad

mongol menduduki baghdad

mongol menduduki baghdad

Perluasan wilayah akhirnya sampai ke Baghdad, Baghdad merupakan daerah pusat perkembangan Islam di masa Dinasti Abbassiah. Sangat tragis mengulas cerita penaklukkan Baghdad oleh Mongol ini. Bagaimana tidak, puluhan ribu jiwa dibantai sangat tidak berprikemanusian serta bangunan-bangunan banyak dihancurkan.

Termasuk Perpustakaan negara yang ada di Baghdad juga ikut dihancurkan. Tak terhitung jutaan lembaran-lembaran berisi ilmu pengetahuan di dibakar dan di ditenggelamkan di sungai. menurut riwayat, karena banyaknya buku yang dibuang, menjadikan sungai itu menjadi hitam

Hanya 9 orang saja  yang berhasil lolos dari pembantaian orang Mongol. Namun, Kekalahan langsung terbayarkan ketika bangsa barbar di cegat Mamluk dari Mesir. Bahkan ini merupakan kekalahan terbesar Mongol. Walaupun demikian, Mongol masih sangat mustahil untuk ditaklukkan.

3. Pengaruh Islam Terhadap Negeri Mongol

pengaruh islam

pengaruh islam

Secara militer mongol mungkin kuat, namun di aspek fundamental lain mongol sangat lemah. Peradaban, ilmu pengetahuan, kebudayaan luhur dan lain sebagainya. hal-hal seperti ini mulai mereka alami semenjak penjajahan negeri-negeri Islam. Mereka mungkin membunuh, namun dari sisi lain mereka sadar akan kekurangannya.

Hingga akhirnya, terkesimalah para pembesar Mongol dengan semua hal yang mencakup ilmu pengetahuan dan lain-lain. sehingga banyak tokoh-tokoh penting Mongol membangun kesultanan Islam di Asia tengah dan timur. Sebagai contohnya di negeri turki.

Keturunan Khan seperti India, konon cerita nenek moyangnya adalah bangsa Mongol. Khan yang saat ini beragama Islam, sama juga seperti  nenek moyangnya yang memilih untuk lepas dari imperium Mongol dan membentuk kesultanan Islam sendiri.

4. Masa Kemunduran Negeri Mongol

kemunduran mongol

kemunduran mongol

Kemunduran mongol dimulai semenjak perluasan wilayh di Timur Tengah. banyaknya orang penting Mongol yang masuk Islam dijadikan alasana menyusutnya wilayah-wilayahnya. dan Daerah jajahannya tidak terkendali dengan baik, hingga akhirnya dapat direbeut kembali oleh musuh-musuhnya.

Mongol yang mulanya hampir menguasai dunia, mulai berkurang  wilayahnya. Seiring berjalannya waktu mulai dari Eropa Timur berhasil melepaskan diri dari jajahan negeri mongol, termasuk negeri tiongkok juga.

Mongol, yang sempat dijuluki sebagai bangsa monster ini pada akhirnya justru terpecah dan menjadi bangsa kecil. Bukan karena perang, melainkan karena hal-hal non militer, entah itu pengetahuan, ideologi, kepercayaan dan lain-lainnya. namun, Islam berpengaruh penting terhadap perubahan bangsa Mongol. Sebagai contoh barbar menjadi beradab meskipun kehilangan kekuasaan yang begitu besar.

demikian ulasan singkat mengenai mongolia penguasa dunia yang takluk kepada islam semoga bermanfaat >>>

No Responses

Add Your Comment