13 Pedang Legendaris Tertua Di Dunia Lengakap Penjelasan Dan Gambar

Author: | Posted in sejarah dunia No comments

Pedang Legendaris Tertua di Dunia – merupakan senjata yang selalu di gunakan di dalam pertempuran atau perang. Selain dari itu, pedang juga di jadikan sebagai symbol kekuatan pada zaman dahulu hingga sekarang.

Terdapat berbagai Peninggalan-Peninggalan pedang legendaris tertua di dunia yang memiliki cerita sejarah yang mengagumkan.

Berikut ini 13 Pedang legendaris tertua beserta sejarahnya :

1. Pedang shang atau Zhou

Pedang legendaries di dunia yang pertama adalah Pedang dari di nasty Shang yang sudah berusia sekitar 3000 tahun. Pedang ini secara tidak langsung di temukan di dalam sungai Laozhoulin, Gaoyou provinsi Jiangsu oleh anak kecil yang berasal dari negeri china.

Dengan ukuran panjang 26 cm menurut pendapat para arkeologi pedang ini sangat praktis dan dekoratif. Dan pedang ini di jadikan sebagai symbol pejabat sipil yang tengah berkuasa di daerah tersebut.

2. Pedang Goujian

Terdapat pedang legendaris yang berusia sekitar 2000 tahun yang sekarang ini disimpan di museum provinsi Hubei di China. Meskipun usia pedang Nampak tua , tetapi pedang ini masih tajam dan tidak berkarat.

Pedang ini di ketemukan pada saat penggalian besar di provinsi Hubei  tahun 1965. Pedang Goujian bahannya terbuat dari perunggu dengan panjang 55,7 cm dan memiliki lebar 4,6 cm serta panjang gagang 8,4 cm.

Ujung gagang pedang goujian berbentuk lempengan bulat yang bagian lingkarannya ada 11 jalur lingkaran dengan ukiran halus.

3. Pedang bercabang Tujuh

Dibagian barat daya korea, ada sebuah kerajaan kuno pada masa dinasti Baekje. Disaat masa jayanya, Baekje menaklukkan sebagian koloni China dan semenanjung barat korea. Pedang bercabang tujuh ini di buat khusus untuk raja Geunchogo sebagai tanda penghormatan karena menyerahkan upeti kepada Eastern Jin pada waktu abad ke 4.

READ  Latar Belakang Revolusi Perancis Lengkap (Nama-Nama Tokoh,Bentuk Pemerintahan Serta Dampak Revolusi)

Pedang legendaries di dunia yang mempunyai cabang tujuh ini memiliki ukuran  panjang 74,9 cm. pedang bercabang tujuh di ciptakan untuk alat perang. Sekarang ini pedang bercabang tujuh di simpan di kuil Isonokami di Perfektur Nara kota Negara jepang.

4. Pedang Zulfiqar

Pedang Zulfiqar ialah pedang nabi MuHammad yang sengaja di hadiah kan kepada Ali Bin  Abi Thalib K.W abad ke-5. Pedang Zulfiqar merupakan salah satu pedang paling hebat ketika Ali Bin Abi Thalib memakai senjata ini tidak seorang pun yang selamat dari kehebatan pedang ini.

Dikabarkan bahwa keberadaan pedang ini masih masih belum tahu pasti keberadaannya . menurut legenda pedang ini di hanyutkan kedalam air dikarenakan suatu alasan tertentu.

Ada juga yang beranggapan bahwa pedang ini telah di temukan dan masih di simpan keberadaannya  dengan aman.

5. Pedang Joyeuse

Pedang Joyeuse merupakan pedang milik Charlemagne. Charlemagne lahir pada tahun 742 M. dia adalah seorang pemimpin besar yang sudah menjadi raja di golongan kaum frank di tahun 768 M.

Pada saat tahun 800 Masehi dia di nobatkan menjadi Kaisar di Roma. Saat menjadi kaisar di Roma selama masanya , dia dikenal sebagai pemegang pedang Joyeuse atau sebutan lainnya adalah Charles I.

6. Pedang Mercy

Pedang Mercy mempunyai ciri khas tersendiri dia antara pedang lainnya yakn,i ujung pedangnya  yang patah. Menurut legenda pedang ini sengaja di potong untuk menghindari terjadinya pembunuhan.

Pemiilik pedang ini bernama Edward Confessor, dia merupakan seorang raja Anglo-saxon terkhir. Dia memimpin selama 1042-1066 pedang ini di jadikan sebagai symbol kehormatan pada ksatria.

7. Pedang Tizona

Pedang Tizona ialah pedang yang di pakai El cid untuk melawan golongan kaum Moor. Selain pedang tizona El Cid juga memiliki beberapa pedang, salah satunya pedang Colada.

READ  Mongol Penguasa Dunia yang Akhirnya Takluk Oleh Islam

Tizona merupakan pedang peninggalan yang palin di junjung tinggi di negeri spanyol. Pedang ini di temukan di Cordoba pada abad ke 11 dengan panjang 103 cm dan beratnya 1,1 kg. saai ini pedang tizona di simpan di Museum de Burgos spanyol.

8. Pedang Damaskus

Pedang Damaskus ialah pedang yang di pakai golongan Muslim ketika perang salib pada abad ke 12. Prajurit salib di kagetkan oleh pedang damaskus  yang dengan mudah memecah tameng dari salah satu prajurit salib.

Pedang Damaskus memiliki cirri khas tersendiri yakni terdapat unsur tanda aliran air pada permukaan pedangnya. Dan pedang ini dip roses melalui teknologi nano akan tetapi teknik nano menghilang begitu saja pada abad ke 18.

9. Pedang Wallace

Pedang Wallace merupakan pedang yang di pakai oleh William Wallace ketika perang di jembatan Striling pada tahun 1297 dan perang Falkirkb pada tahun 1298. Pedang ini mempunyai ukuran panjang 132 cm dan berat 2.7 kg.

Akan tetapi di akhir hifup pemegang pedang ini tidak begitu baik. William Wallace di tawan oleh Raja Edward I dari Inggris dan di hokum Karena di tuduh sebagai pengkhianat. Pedang Wallace kini di simpan di  Monumen Nasional , stirling Skotlandia.

10. Pedang Honjo Masamune

Pedang Honjo Masamune merupakan pedang yang di gunakan sebagari perantara ke shogunan selama periode Edo Jepang. Pedang ini di wariskan dari satu shogun ke shogun selanjutnya selama beberapa generasi .

Pemegang terakhir dari pedang ini ialah Tokugawa lemasa  dan pedang Honjo Masamune termasuk salah satu pedang buatan pandai besi terbesar setingkat dunia yakni  Masamune.

Masamune Hidup selama tahun 1288 sampai 1328 Masehi. Tapai sayangnya  pedang tertua ini masih belum tahu pasti keberadaannya.

11. Pedang Kusanagi no Tsurugi

Pedang Kusanagi no Tsurugi merupakan pedang legendaries tertua di jepang  dan pedang ini merupakan salah satu dari tiga symbol  kerajaan jepang.  Pedang Kusanagi no Tsurugi di ciptakan untuk Yamato Takeru . dia adalah seorang panglima dalam perang rumput terbuka pada zaman Pemerintahan Kaisar XII.

READ  Misteri Lukisan Monalisa Leonardo Da Vinci Lengkap (Sejarah,Pencurian Dan Senyum Monalisa)

Mulanya pedang ini bernama Ama no Murakum no Tsurugi,lalu diganti menjadi nama Kusanagi no Tsurugi yang terkenal saat ini. Akan tetapi pedang ini sirna di laut ketika yamato gugur dalam sebuah peperangan besar pada tahun 1371.

12. Pedang San Martin

Pedang San Martin merupakan pedang melengkung kepunyaan dari Jose de San Martin. Jose de San Martin ialah seorang jendral dari Argentina yang di kenal sejak tahun 1778-1850.

Dia juga memberikan pasukan kudanya dengan senjata yang sama yakni Pedang San Martin. Setelah Jose de san Martin wafat. Salah satu dari pedang legendaris tertua di dunia ini di persembahkan kepada Jenderal Don Juan Manuel de Rosas pada tahun 1892. kini pedang ini di simpana di Museum Sejarah Nasional di Buenos Aires .

13. Pedang Excalibur

Pedang Excalibur merupakan pedang dari Raja Arthur yang terkenal. Terdapat dua versi  kisah mengenai  pedang Excalibur. Kisah yang pertama ialah pedang yang menancap di dalam batu . pedang ini hanya bisa di ambil oleh Arthur karena Arthur merupakan pewaris yang sah.

Sedangkan kisah yang ke dua ialah pedang yang di kasihkan oleh penjaga danau kepada Arthur. Walaupun sejarah Arthur hanya dongeng belaka. namun pedang ini ternyata memang ada keberadaannya di dunia nyata.

Tapi bukan di inggris tepatnya di italia karena di sebuah kapel di monte siepi italia di temukan pedang kuno yang menancap di dalam batu. Pemilik pedang ini bernama San Galgano seorang ksatria Surcany yang hidup di abad ke 13.

demikian penjelasan mengenai Pedang Legendaris Tertua Di Dunia semoga bermanfaat>>>

Add Your Comment