6 Kunci Pengobatan Asam Urat di Rumah

Author: | Posted in Kesehatan No comments

Pengobatan Asam Urat- Orang yang menderita asam urat sendi akan terasa sakit sampi menyebabkan bengkak. Meski demikian penyakit ini tidak bisa disembuhkan secara total, namun, gejalanya ini bisa dikendalikan. Selain obat-obatan dari dokter, ada cara alternatif mengenai pengobatan asam urat yang perlu Anda coba. Pengobatan ini dapat membantu Anda mengontrol gejala asam urat yang muncul. Lantas, pengobatan yang bagaimana kah itu?

Kuncinya adalah yakni,dengan mengubah gaya hidup kalian sendiri. Tentu, kalian harus mengubahnya menuju yang lebih baik atau sehat. Perubahan gaya hidup ini cukup terbukti khasiatnya dan sangat manjur untuk gejala asam urat.

Berikut ini cara sederhana yang bisa kalian lakukan di rumah :

1.Pantau Kadar Asam Urat

Hal yang perlu kalian perhatikan adalah alat tes asam urat. sekarang ini ala untuk cek asam urat sudah bisa digunakan sendiri oleh kalian. Bentuknya hamper mirip dengan alat pengecek kadar gula di rumah kalian.

Jadi, dengan memakai alat itu kalian dapat memantau kadar asam urat kalian. Kadar yang normal adalah di bawah 6 mg/dL sedangkan untuk perempuan dan laki-laki di bawah tujuh mg/dll.

2.Olahraga Dengan Teratur

Pengobatan asam urat yang paling sederhana dan mudah dilakukan adalah melakukan olahraga secara rutin. Olahraga secara rutin dan teratur dengan waktu sedang setidaknya 20 menit selama lima hari dalam seminggunya.

Gejala asam urat bisa dikendalikan apabila kalian melakukan olahraga. Olahraga menjadikan sendi-sendi kalian terlatih dengan baik, sehingga bisa mengatasi nyeri sendi yang sering kali menyerang orang.

READ  Cara Merawat dan Mengatasi Rambut Kering berserta Gambar

3.Menjaga Berat Badan

Orang yang mempunyai obesitas memiliki risiko tinggi akan asam urat dari pada orang yang mempunyai berat badan normal.

Untuk menjaga berat badan kalian, pilihlah karbohidrat yang baik dalam diet Anda. konsumsilah lebih banyak buah, sayuran, dan gandum. jauhkan makanan seperti kue-kue manis, minuman manis, permen dan produk yang mengandung gula fruktosa sangat tinggi.

Selain hal itu, coba kalian kurangi lemak dari daging merah, unggas yang mengandung lemak, dan produk susu yang mengandung lemak. Coba pilihlah sumber protein dari daging tanpa lemak, ikan, dan unggas kiranya 2-4 potong perhari. Sumber protein lain dalam diet kalian adalah susu yang rendah lemak atau bias juga seperti yogurt.

Selain itu hindari dan batasi guna untuk mencegah asam urat yaitu dengan menghindari makanan dan minuman yang tinggi purin (asam urat) seperti seafood, daging merah, makanan-makanan manis.

4.Minum Air Putih

sebaiknya minumlah air putih sebab air putih terbukti lebih sehat. Dan hindari minum alkohol sebab alcohol terbukti meningkatkan kadar asam urat kalian, sehingga menyebabkan serangan asam urat terjadi.

Minumlah air putih setidaknya delapan gelas per hari guna membantu menambah zat gizi dan mengangkat zat yang tidak terpakai dalam tubuh. Beberapa ahli mempercayai bahwa minum air putih dapat membantu melancarkan pembuangan asam urat.

Selain dari air putih, buah yang mengandung air juga dapat dijadikan salah satu cara untuk memperlancar asam urat.

5.Obat Asam Urat Dari Dokter

Selain memilih makanan, cara mengobati asam urat lainnya adalah minum obat. Apabila kalian diberikan obat khusus oleh dokter, minumlah obat sesuai aturan atau anjuran dokter kalian. Biasanya dokter selalu member resep obat anti peradangan seperti celecoxib,meloxicam, atau sulindac.

READ  Inilah 8 Bahaya Minum Kopi Bagi Kaum Millenials Yang Harus Kalian Ketahui

6.Mengandalkan Obat Alami

Kalian bias juga mengatasi asam urat dengan bahan-bahan yang alami yang ada sekitar kalian. Namun, tentunya bahan-bahan herbal ini tidak bisa mengobati sepenuhnya layaknya obat yang sudah diberikan dokter. Obat herbal ini hanya bisa membantu tanpa bias mengobati sepenuhnya gejala yang muncul.

Berikut obat alami asam urat yang bisa di minum :

1.Cuka Apel

Menurut studi ilmiah yang mengevaluasi  sari cuka apel dapat di gunakan sebagai pengobatan asam urat. tapi, sari cuka apel merupakan bahan yang bisa mengurangi peradangan, sehingga mencegah munculnya tumpukan asam urat pada sendi.

Bukti bahwa sari cuka apel bisa membantu menurunkan berat badan dengan contoh sampelnya ialah perut merasa kenyang lebih cepat.

Dengan menurunnya berat badan, kadar asam urat pun juga akan lebih mudah menurun. Sebuah studi tahun 2009 yang diikuti oleh pria usia 30-57 tahun selam 8 tahun menjelaskan hasil bahwasannya orang akan mengalami penurunan berat badan sekitar 23 poin. Oleh sebab itu, meminum sari cuka apel bisa membantu proses penurunan dengan sangat cepat.

2.Minum Jahe

Jahe juga bisa membantu mengobati penderita asam urat. Jahe berperan penting sebagai zat anti peradangan yang mencekal terjadinya pembentukan kristal dan mengurangi gejala asam urat. Jahe juga mengandung beberapa zat anti peradangan seperti gingerols dan shogaol, ke dua zat itu yang akan membantu mengurangi peradangan yang ada.

3.Lemon

Lemon bukan saja vitmain C lemon juga bisa membantu meredakan sakit akibat asam urat tapi, lemon juga membantu memberikan kalium. Kalium dipakai untuk menjaga ginjal dan menjaga kadar pH darah dan urin agar sedikit basa.

Dengan stabilnya fungsi ginjal dan kadar pH ini bisa membantu mencekal pembentukan kristal asam urat. caranya sangat mudah yaitu, peras lemon ke dalam segelas air hangat, kemudian seduhlah di pagi hari.

READ  7+ Tips Awet Muda di Usia 30 Tahun ke Atas

Add Your Comment