8+ Peninggalan Kerajaan Demak Lengkap Gambar dan penjelasan

Author: | Posted in sejarah indonesia No comments

Peninggalan Kerajaan Demak- Kerajaan Demak adalah kerajaan Islam pertama di Jawa yang memiliki peranan penting dalam menyebar luaskan agama islam sampai ke nusantara. Sebelumnya kerajaan demak merupakan kadipaten kecil dari kerajaan Majapahit. Seiring reruntuhnya pengaruh Majapahit serta mulai tumbuhnya Islam di tanah Jawa, Demak pun juga mulai berubah menjadi kerajaan islam terbesar.

pada artikel sebelumnya pintas ilmu telah membahas tentang 6 foto peninggalan kerajaan aceh. dan pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai apa saja sih peninggalan Kerajaan Demak yang sampai saat ini masih terpelihara. Dan Terdapat banyak bukti sejarah yang memberitahukan tentang  keberadaan kerajaan demak di masa silam.

Adapun beberapa bukti-bukti tersebut berupa peninggalan bersejarah seperti bangunan ataupun benda-benda sejarah anatara lain yakni :

1. Masjid Agung Demak

masjid demak

masjid agung demak

Salah satu bukti peninggalan dari kerajaan demak adalah masjid  agung yang  berada di Desa Kauman, Demak – Jawa Tengah.  Masjid ini dibangun oleh Walisongo pada tahun 1479. Dan Masih berdiri kokoh sampai sekarang meski sudah mengalami beberapa perbaikan. Masjid ini juga dijadikan sebagai bukti bahwa kerajaan Demak pernah menjadi pusat pengajaran serta penyebaran Islam di Jawa.

2. Soko Tatal dan Soko Guru

peninggalan demak

soko tatal demak

Soko Guru merupakan sebuah tiang yang memiliki diameter 1 meter. Dan di gunakan sebagai penyangga bangunan Masjid Demak. Terdapat  4 buah soko guru yang dipakai di masjid ini, menurut cerita semua soko guru itu dibuat oleh raden sahid (sunan kalijaga). beliau memperoleh tugas untuk membuat semua tiang itu sendirian saja. namu saat beliau baru membuat 3 buah tiang sesudah masjid siap berdiri. Sunan Kalijaga dengan berat hati kemudian menyatukan semua potongan-potongan kayu dengan kekuatan nya dan mengubahnya menjadi soko guru yang dibuat dari tatal.

3. Pintu Bledek

peninggalan demak

pintu bledek

Dalam kamus bahasa Indonesia Bledek berarti petir maka dari itu, pintu bledek dapat diartikan sebagai pintu petir. Pintu bledek dibuat oleh Ki Ageng Selo pada tahun 1466 serta di jadikan pintu utama dari Masjid Agung Demak. Menurut cerita yang menyebar, pintu ini di beri nama pintu bledek karena Ki Ageng Selo membuatnya dari sambaran petir.

Sekarang, pintu bledek tidak lagi di pakai sebagai pintu masjid. karena pintu bledek sekarang sudah dimuseumkan sebab sudah mulai lapuk. Kini pintu bledek di jadikan sebagai koleksi peninggalan Kerajaan Demak .

4. Situs Kolam Wudlu

tempat wudlu demak

kolam wudlu

Kolam wudlu ini dibuat sejalan bersamaan berdirinya bangunan Masjid Demak. Kolam wudlu dulunya dipakai sebagai tempat berwudlu bagi santri ataupun para musyafir yang ingin melakukan sholat. tetapi, sekarang situ ini sudah tidak dipakai lagi untuk berwudlu. Melainkan hanya boleh dilihat saja sebagai bukti peninggalan sejarah.

5. Bedug dan Kentongan

peninggalan demak

bedug demak

Bedug dan kentongan yang ada di Masjid Agung Demak juga termasuk peninggalan Kerajaan Demak yang yang tidak boleh kalian lupakan begitu saja. Dulunya Kedua alat ini dipakai sebagai alat untuk memanggil masyarakat demak. agar datang melakukan sholat 5 waktu sesudah adzan dikumandangkan.

Kentongan ini juga memiliki filosofi bahwasanya jikalau kentongan ini dipukul, maka warga sekitar di wajibkan segera hadir untuk melakukan sholat 5 waktu.

6. Maksurah

peninggalan demak

maksurah demak

Makasurah merupakan dinding dengan berukirkan kaligrafi yang menghiasi bangunan Masjid Demak. Maksurah dibuat sekitar tahun 1866 Masehi, tepatnya saat Aryo Purbaningrat menjadi Adipati Demak. Adapun tulisan kaligrafi itu mempunyai makna tentang ke Esa-an Alloh SWT.

7. Piring Campa

piring demak

piring camapa

Piring Camapa merupakan pemberian dari seorang putri dari atau bisa disebut juga ibu dari Raden Patah. Piring camapa jumlahnya ada 65 buah. Sebagian di tempelkan sebagai hiasan di dinding masjid, dan sebagian lain di tempelkan di tempat imam.

8. Dampar Kencana

peninggalan demak

dampar kencana

Dampar kencana merupakan singgasana para Sultan yang yang sekarang di ubah fungsinya sebagai mimbar khutbah di Masjid Agung Demak. Peninggalan ini hingga sekarang masih tetap terawat rapi di di dalam tempat penyimpanannya.

demikian ulasan singkat mengenai beberapa peninggalan kerajaan demak. semoga bermanfaat ya temen-temen >>>

Add Your Comment