Jejak Petilasan Sunan Kalijaga Surowiti Jawa Timur

Author: | Posted in Sejarah Kerajaan No comments

surowiti

Petilasan Sunan Kalijaga- pada kesempatan sebelumnya pintasilmu.com sudah membahas mengenai sejarah indonessia kuno. dan pada kesempatan kali ini pintasilmu.com akan mengulas sedikit mengenai jejak petilasan sunan kalijaga. Tempat Petilasan Sunan Kalijaga terletak di Desa Surowiti, Panceng-Gresik. Kurang lebih sekitar 4 kilometer Dari pertigaan. Ketika memasuki Desa Surowiti  kalian akan melihat lahan kosong dengan ditumbuhi hutan jati, dan separuhnya lagi sawah milik warga desa surowiti.

Tempat Petilasan Sunan Kalijaga

petilasan sunan kalijaga

situs Sunan Kalijaga bisa ditempuh dengan angkutan umum dari terminal bunder. Para pengunjung  bisa menaiki angkutan antar kota jurusan Kota Lamongan dan berhenti di Desa Surowiti. Pendamping supir bus akan memberikan petunjuk mengenai lokasi wisata Desa Surowiti ini. Dan disana sudah ada ojek motor yang  siap mengantar kalian sampai kelokasi.

Untuk memepermudah kalian sampai ke lokasi surowiti, di sudut pertigaan terpapar sebuah papan petunjuk bahwa kalian telah memasuki tempat petilasan Sunan Kalijaga. Namu, situs Sunan Kalijaga ada tepat di atas bukit.

Sebelum sampai ke tempat tujuan sudah dipersiapkan lahan parkir yang sangat luas. Dari arena parker masih menempuh kira-kira 400 meter lagi untuk bisa samapi ke petilasan sunan kalijaga. Itupun harus ditempuh dengan tanpa memakai alat transportasi. atau bisa dikatakan dengan berjalan kaki saja untuk melampaui ratusan anak tangga melingkar untuk sampai atas bukit tersebut.

Disana terdapat bukit yang medannya berbahaya. namun kalian jangan khawatir karena dalam area medan itu sudah ada pegangan dari pipa air yang kokoh. sehingga sangat membantu anak-anak atau orang tua yang ingin menyaksikan situs dari dekat.

jauh di atas bukit kalian akan menjupai pemukiman warga. Siapa duga bahwasannya di tempat yang jauh dan terpencil masih ada saja masyarakat yang berpenghuni di sana seperti layaknya masyarakat perkotaan. terdapat ratusan rumah warga di Bukit Surowiti.

kekuatan bangunannya juga sangat baik, sarana tempat beribadah dan pendidikan seperti masjid dan sekolahan juga ada di desa itu. Pipa air juga sudah tersusun rapi dan sumur g siap memasok air ke rumah-rumah warga serta Jalan desa juga sudah di paving.

Ada begitu banyak petilasan-petilasan di Bukit Surowiti, seperti Gua Langsih tempat pertapaan Sunan Kalijaga. Dan ada juga pusara Mpu Supo yang terkenal sebagai ahli pembuat keris dan sakti mandraguna. Dan Juga terdapat makam Raden Bagus Mataram.

Menurut pemangku adat desa surowiti bahwasannya sebagian masyarakat yang tirakat atau tapa brata itu melakukannya sesuai keinginannya sendiri. contohnya sebagai usaha hidupnya maka ia melaksanakan tirakatnya di makam Raden Bagus Mataram. Dan bila ingin memiliki ilmu kebal maka tirakatnya di makam Mpu Supo.

Bagi Mereka yang susah mendapatkan jodoh konon cerita bisa tirakat di di Gua Jodoh agar dimudahkan mendapatkan pasangan yang dicintainya. Atau bisa tirakat di dalam Gua Langsih karena dalam gua itu terdapat batu (watu) kijang yang dipercaya akan menggapai cita-cita yang di impikan.

demikian sekilas cerita mengenai jejak petilasan sunan kalijaga semoga bermanfaat >>>

Add Your Comment