Sejarah Dan Silsilah Bangsa Arya

Author: | Posted in sejarah dunia No comments

Silsilah bangsa arya-pada kesempatan sebelumnya pintasilmu.com telah membahas tentang sejarah bangsa viking dan pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai silsilah bangsa arya. Semit atau lebih akrab di kenal dengan nama Semitik, mempunyai bahasa semit yang merangkap 5 bangsa dan 3 peradaban besar. Mesopotamia (Iraq), Parsi (Iran), Arabia (Jazirah Arab), Ethiopia dan Kanaan (Israel dan Yerussalem).

Sejarah Bangsa Arya

Negara Iraq di masa dulu mempunyai latar belakang Peradaban Mesopotamia. Dari peradaban Mesopotamia kemudian muncul kerajaan Babilonia kuno dan Babilonia Modern. Sementara itu negara Iran dulunya merupakan negara yang mempunyai latarbelakang kejayaan kerajaan Persia.

awal keturnan bangsa irak adalah sumeria, bangsa ini juga yang menjadikan Babilonia sangat dikenal. Saddam Husein yang merupakan mantan presiden irak tak lain juga keturunan dari bangsa SUMERIA. Garis keturunan dari Saddam Hussein masih mempunyai  garis keturunan raja-raja bangsa sumeria. Akhirnya, bangsa sumeria ini dikalahkan oleh bangsa Akkadia yang di pimpin oleh SARGON, selanjutnya bangsa akkadia ini menjadi pertama munculnya Suku KURDI di Iraq.

kerajaan persia yang berada di iran kebanyakan mayoritas bangsa bangsa Arya. Bangsa yahudi yang ada di iran nenek moyangnya berasal dari bangsa arya. Ada hubungannya dengan bangsa arya yang sempat di katakan oleh Adolf Hitler dulu sewaktu perang dunia II.

sejarah bangsa arya

Jadi bangsa arya merupakan generasi yang memunculkan peradaban kerajaan persia dulu. Dan Hitler ingin membangkitkan kejayaan itu lagi. Bangsa Arya sebetulnya adalah bangsa pendatang yang pindah ke iran pada milinium ke-II. sebelumnya itu peradaban iran di kuasai oleh Elam dan Proto-Iran.

Peradaban iran tertua adalah Peradaban Proto-Iran dan ELAM Namun, kemudian dapat dikalahkan oleh bangsa Arya. seterusnya generasi dari anak bangsa arya ini lah yang berjaya di iran. Dan kemudian membentuk kekaisaran Media dan Akhemeniyah.

kekaisaran Media dan Akhemeniyah ini di miliki oleh raja Koresh Yang Agung. Setelah Koresh meninggal, pangku kepemimpinan di teruskan oleh kekaisaran DARIUS (Darius I, II dan III). Setelah kaisar Darius meninggal tiba-tiba kekaisaran persia di serbu oleh kerajaan hegemoni yang di pimpin oleh Alexander.

Selanjutnya Alexander  menjadi raja di Persia dia lah raja dari kerajaan Makedonia (Yunani Kuno). Pada akhirnya Alexander agung meninggal karena di racun, maka generasi selanjutnya adalah Seleukus, dia merupakan jendral terkuat dari Alexander agung. Pada waktu kerajaan persia berdiri musuh dari kerajaan ini adalah kerajaan Romawi.

Jadi kesimpulannya adalah bangsa iran saat ini merupakan keturunan dari bangsa arya zaman dulu. Dan mempunyai gelar yakni, AGUNG dan SHAH. Gelar shah pertama kali dipakai pada zaman kekaisaran SASSANIA. Orang sassania memanggil rajanya dengan nama ERANSHAHR, atau Iranshahaer yang memiliki arti penguasaan orang arya.

Silsilah Bangsa Arya

Kerajaan Sassania sangat Berjaya di masa dulu, hingga sampai masa penundukan Islam di Iraq. Syiah yang ada di iran merupakan keturunan dari bangsa arya. Sementara itu, bangsa Romawi kuno tak ada kaitannya dengan bangsa Arab.

Bangsa Arab dan Arya merupakan satu keturunan nabi Ibrahim satu garis keturunan kakek moyang. Semestinya antara Iran dan Arab saudi mestinya damai dan sejalan, namun nyatanya tidak. Termasuk 12 suku bangsa israel yaitu suku penerusnya Solomon yang terpecah menjadi dua kerajaan (Kerajaan Israel Utara, Samaria dan Kerajaan Israel Selatan, Yerussalem).

Istilah Suku Kedar, mengambil dari nama anak nabi ismail yang pertama yang bernama KEDAR. Kemudian dari keturunan suku kedar lahir bahasa semit modern. Lebih tepatnya kedar termasuk bahasa semit sub bangsa arab modern. Penjelasan lebih rincinya sebagai berikut :

Nabi ibrahim (abraham) mempunyai dua orang putera yang bernama ismail dan ishaq. dari Ismail munculah generasi suku kedar dan dari Ishaq muncullah Yakub. kemudian dari yakub turun dua belas suku yang berasal dari 12 anak Yakub itu sendiri. Nabi Yakub mempunyai empat orang istri yang  pertama bernama Lea dan isteri keduanya bernama Rachel.

sedangkan dari kedua isteri sahnya mempunyai delapan anak, masing-masing isteri mempunyai budak, Lea mempunyai budak perempuan dan Rachel mempunyai budak perempuan juga. lalu ke dua budak itu di jadikan istri oleh YAKUB, kemudian melahirkan empat anak. dikarenakan pada zaman nabi Yakub terdapat suatu aturan pernikahan yang isi aturannya tentang diperbolehkannya untuk memelihara gundik.

Meskipun gundik namun, tetap anak dari gundik itu dianggap sah sebagai golongan dari penerus suku Yakub. Maka total semua generasi dari nabi yakub adalah 12 suku (12 anak). Ke-12 suku generasi penerus Yakub, Ishaq dan Ibrahim tidak lain saudara sekandung satu kakek dengan suku kedar. Ke-12 suku penerus Yakub akhirnya terpecah menjadi dua kelompok, dan membangun kerajaan masing-masing. Kerajaan israel utara dan Kerajaan israel selatan.

Kerajaan israel utara yakni, anak keturunan suku Yusuf beserta sembilan suku lainnya. sedangkan Kerajaan israel selatan yakni, anak keturunan dua suku Yehuda dan Benyamin. terkadang 12 suku yakub ini juga terkenal dengan istilah kumpulan suku bangsa ibrani. Suku bangsa ibrani ke 12 penerus yakub ini hidup saat zaman besi serta menggunakan bahasa Kanaan.

semit ibrani/kanaan ibrani terbelah menjadi dua kerajaan disebabkan oleh ulah ayahnya sendiri yang bernama Solomon. Solomon melanggar janji tuhan israel yang melarangnya untuk menyunting wanita bukan berasal dari sukunya sendiri. Tuhan melarang nabi sulaiman dikarenakan takut nantinya generasi solomon akan berpaling dari tuhan bangsa israel.

Namun,ternyata larangan tuhan tanpa disadari telah dilanggar oleh solomon, nabi sulaiman lupa dan terhanyut  akan kecantikan wanita asing ini. tak heran jika semasanya beliau  telah mempunyai 700 isteri dan 300 budak. Dari ke 700 isteri dan 300 budaknya itu, beberapa diantaranya menganut paham POLYTHEISME.

lalu tuhan murka dan member hukuman kepada solomon, karena kemurkaan tuhan inilah menjadikan suku israel terbelah menjadi 2 kerajaan israel samaria dan yerussalem.

Pemberontakan Yerobeam

Selanjutnya Yahudi modern (israel modern) itu muncul dari keturunan anaknya nabi solomon yaitu REHABEAM, dan ibunya bernama Naamah. sesudah solomon meninggal kepemimpinan di teruskan oleh rehabeam. namun, saat kepemimpinan raja rehabeam banyak pengikutnya yang menentangnya seperti YEROBEAM. Sosok Yerobeam masih termasuk golongan 12 suku israel namu bukan keturunan langsung dari Solomon.

Rehabeam lah keturunan langsung dari solomon. Karena hal itu akhirnya Yerobeam melakukan pembangkangan kepada raja Rehabeam. Karena ulah Yerobeam menjadikan kerjaan israel serikat terpecah menjadi dua kerajaan. Kerajaan utara terdiri dari sepuluh suku termasuk Yerobeam dan Kerajaan selatan terdiri dari dua suku termasuk Rehabeam.

Selama 200 tahun, dua kerajaan israel utara dan selatan masih berdiri tegak, sampai akhirnya berhasil  dikalahkan oleh NEBUKADNEZAR II (dari Iraq). Raja nebukadnezar II ialah keturunan dari bangsa Babilonia Modern. Kerajaan babilonia modern ada karena hasil pilahan dari kerajaan Asyur. Keturunan raja asyur dikalahkan oleh Nabopolasar.

Masa Berakhirnya Babilonia

Raja Nabopolasar merupakan pendiri kerajaan babilonia modern, dan nabopolasar mempunyai anak yang bernama NEBUKADNEZAR II. Di saat kepemimpinan Nebukadnezar II kerajaan israel serikat hancur. kemudian ke 12 suku israel mengungsi ke tanah peradaban kerajaan persia, IRAN (bangsa arya, yahudi kuno), sebagian kecil lagi mengungsi ke babilonia (iraq).

Ternyata Nebukadnezar II mempunyai dua musuh, yaitu Suku keturunan raja Asyur dan 2 Suku israel keturunan Solomon dan Yakub (anak keturunan penerus Yerobeam dan Rehabeam. Suku generasi raja Asyur hijrah ke tempat raja firaun dan keturunan suku israel solomon hijrah ke Persi.

Tak heran jika sekarang negara IRAN menjadi tempat berkumpulnya suku yahudi kuno (Arya) dan modern (Israel). kemudian terjadilah perkawinan yang menghasilkan campuran keturunan dari suku arya dan israel. Jadi jangan berkata kalau ahmadinejad dibilang keturunan yahudi. Ahmadinejad dan khomeini masih satu garis keturunan dari bangsa ibrani.

demikian pembahasan mengenai sejarah dan silsilah banga arya semoga bermanfaat

Add Your Comment