Mengupas Sejarah Kerajaan Tarumanagara Lengkap Beserta Sumber Bukti

Author: | Posted in sejarah indonesia No comments

Kerajaan Terumanagara adalah kerajaan Hindu tertua sesudah Kutai. Kerajaan Tarumanagara memegang kekuasaan di wilayah barat pulau Jawa abad ke-4 sampai abad ke-7 Masehi. Kata Tarumanagara asalnya dari kata Tarum dan Nagara.

Tarum di ambil dari nama sungai yang memecah Jawa Barat atau yang saat ini di kenal sebagai sungai Citarum dan kata Nagara mempunyai arti negara atau kerajaan. Sebelumnya pintas ilmu telah membahas Tentang Wisata Kota Sidoarjo  Nah, pada kesempatan kali ini pintasilmu.com akan menjelaskan lengkap mengenai sejarah kerajaan Tarumanegara.

A. Sejarah Kerajaan Tarumanagara

Awal mula dibangunnya Kerajaan Tarumanagara masih menjadi kontraversi pendapat oleh sejumlah para ahli sejarah. Salah satu versi yang lengkap mengupas tentang Kerajaan Tarumanagara ialah Naskah Wangsakerta. Namun  Naskah Wangsakerta juga masih menjadi kontraversi tentang keaslian isinya.

Menurut Naskah Wangsakerta, di abad ke-4 Masehi, banyak pengungsi dari India mendatangi beberapa pulau dan wilayah nusantara. untuk mencari perlindungan yang diakibatkan dari peristiwa pertempuran besar di india. Rata-rata pengungsi berasal dari daerah Kerajaan Palawa dan Calankayana India

kerajaan tarumanagara

Sejarah Kerajaan Tarumanagara

Pada saat itu rombongan pengungsi Calankayana dipimpin Jayasingawarman. Kemudian Jayasingawarman mendirikan tempat tinggal atau kompleks baru dekat sungai Citarum. Kompleks itu diberi nama Tarumadesya (desa Taruma).

Melawati waktu sepuluh tahun desa ini banyak di kunjungi penduduk dari desa lain, sehingga membuat Tarumadesya menjadi besar. Akhirnya desa itu mengalami perkembangan pesat hingga menjadi setingkat kota (Nagara).

Akibat mengalami perkembangan setiap harinya maka Jayasingawarman kemudian membangun sebuah Kerajaan yang di namakan denan kerajaan Tarumanagara.

B. Masa Kejayaan Kerajaan Tarumanagara

kerajaan tarumanagara

kejayaan tarumanegara

Kerajaan Tarumanagara mulai Berjaya ketika saat kepemimpinan Purnawarman. Di waktu pengaturan Purnawarman, Tarumanagara diperluas wilayahnya dengan cara menundukkan kerajaan-kerajaan yang berada di sekelilingnya.

Luas Kerajaan Tarumanagara hampir sebanding dengan luas Jawa Barat. Melainkan hal itu Raja Purnawarman juga merancang undang-undang kerajaan. Serta dia juga terkenal sebagai raja yang kuat dan arif bijaksana kepada rakyatnya.

C. Keruntuhan Kerajaan Tarumanagara

kerajaan tarumanagara

keruntuhan kerajaan tarumanagara

Raja ke-12 kerajaan Tarumanagara adalah Linggawarman dia  mempunyai dua orang putri. Putri pertama bernama Dewi Manasih yang di pinangkan dengan Tarusbawa dan yang kedua bernama Sobakencana yang dipinangkan dengan Dapunta Hyang Sri Jayanasa, pendiri Kerajaan Sriwijaya.

Posisi  kepemimpian pada akhirnya jatuh pada suami Manasih yaitu Tarusbawa. Pada masa kepemimpinan Tarusbawa, central kerajaan Tarumanagara yaitu Kerajaan Sunda dan kemudian merubah Kerajaan Tarumanagara menjadi Kerajaan Sunda.

D. Bukti Sejarah Kerajaan Tarumanagara

kerajaan tarumanagara

Prasasti Ciareteun

Kerajaan Tarumanagara banyak meninggalkan bukti sejarah, diantaranya ditemukannya 7 buah prasati yaitu:

1.Prasasti Ciareteun yang ditemukan di Ciampea,

2.Prasasti Pasri Koleangkak yang ditemukan di perkebunan Jambu.

3.Prasasti Kebonkopi yang diketemukan di kampung Muara Hilir, Cibungbulang.

4.Prasasti Tugu yang ditemukan di dareah Tugu, Jakarta.

5.Prasasti Pasir Awi yang ditemukan di daerah Pasir Awi, Bogor.

6.Prasasti Muara Cianten yang juga ditemukan di Bogor.

7.Prasasti Cidanghiang atau Lebak yang ditemukan di kampung Lebak, pinggir Sungai Cidanghiang, Pandeglang-Banten.

Selain dari prasasti, juga ada beberapa sumber-sumber lain yang berasal dari Cina, diantarnya:

1.Kabar berita dari Fa-Hien, seorang musafir Cina (pendeta Budha) yang terdampar di Yepoti. Dalam catatan sejarahnya di sebutkan rakyat Tolomo sangat minim sekali memeluk Budha  dan mayoritas adalah Brahmana dan Animisme.

2.Berita dari Dinasti Soui yang menjelaskan bahwa pada tahun 528 dan 535 tiba utusan dari negeri Tolomo yang berada disebelah selatan.

3.Berita dari Dinasti Tang Muda yang menyebutkan tahun 666 dan tahun 669 M datang utusan dari Tolomo.

E.  Daftar Urutan Nama-Nama Raja Kerajaan Tarumanagara

 

Berikut ini kerajaan daftar nama raja yang pernah memimpin di kerajaan tarunmanegara :

1.Jayasingawarman (358-382 M.)

2.Dharmayawarman (382-395 M.)

3.Purnawarman (395-434 M.)

4.Wisnuwarman (434-455 M.)

5.Indrawarman (455-515 M.)

6.Candrawarman (515-535 M.)

7.Suryawarman (535-561 M.)

8.Kertawarman (561-628 M.)

Sudhawarman (628-639 M.)

Hariwangsawarman (639-640 M.)

Nagajayawarman (640-666 M.)

Linggawarman (666-669 M.)

F. Kehidupan Sosial-Ekonomi dan Kebudayaan

1.Dari segi perekonimian masyarakat Tarumanegara mayoritas adalah pertanian dan peternakan. Hal ini dapat kit lihat  dari isi Prasasti. Selain pertanian dan pertenakan Masyarakat ini pun juga berprofesi sebagai pedagang.

Pembangunan/penggalian ini memiliki arti ekonomis bagi rakyat, karena dapat di fungsikan sebagai sarana pengairan serta pencegahan banjir. Selain penggalian saluran Gomati dalam prasasti itu juga di jelaskan penggalian saluran Candrabhaga. Dengan begitu rakyat akan hidup sejahtera dan makmur

2.di lihat dari segi budaya, kerajaan itu sudah memiliki nilai budaya yang tinggi. Hal ini tandai dengan adanya saluran irigasi untuk kepentingan pertanian. Dan dari cara penulisannya  huruf-huruf pada prasasti yang diketemukan, menjadikan bukti otentik bahwasannya kebudayaan masyarakat pada saat itu tergolong sudah sangat maju.

Demikian ulasan mengenai Sejarah Kerajaan Tarumanagara semoga bisa menjadi tambahan ilmu bagi para sahabat bloger sekalian >>>

Add Your Comment