Sejarah Terbentuknya Candi Borobudur Singkat (penjelasan dan gambar)

Author: | Posted in sejarah indonesia No comments

Sejarah Terbentuknya candi Borobudur – tak banyak orang yang mengerti  bagaimana sebenarnya sejarah candi Borobudur. Yang samapai sekarang bangunannya masih bisa kita lihat dan kita raba, jarang orang yang mau peduli dengan sejarah.

Tentang bagaimana awal sejarah terbentuknya candi borobudur, apa alasan didirikan candi megah itu dan mulai kapan Candi Borobudur dibangun. Samapai cerita lain yang berhubungan dengan dibangunnya candi budha di tanah jawa.

Mengenai hal ini maka saya mulai berfikir untuk menceritakan rahasia sejarah terbentuknya candi Borobudur,yang belum banyak di kenal orang khusus bagi anda yang benar-benar ingin mengerti.

Sekilas Tentang Sejarah Terbentuknya Candi Borobudur

Candi Borobudur ialah sebuah candi budha yang letaknya berada di kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang. Lokasinya diperkirakan 15 km  dari arah selatan kota Magelang.

Candi ini terletak di daerah bukit yang hampir semua di kelilingi gunung. Adapun gunung yang mengitari candi ini di bagi menjadi 4 bagian yakni Gunung Merbabu ( bagian Timur0,Gunung Merapi ( bagian Barat Laut, Gunung Sumbing (bagian Selatan) dan Gunung Sindoro (bagian Utara.

Perkiraan Awal  Mulanya Terbentuknya Candi Borobudur

Menurut hasil rieset para ahli sejarah bahwasanya candi Borobudur di bangun sekitar tahun 800 Masehi. Dugaan ini di dasari dengan ditemukannya tulisan singkat yang di ukirkan pada Karwa Wibhangga. Tulisan ini memakai huruf pallawa yang di gunakan ketika abad ke 8 Masehi.

Dugaan ini semakin kuat dengan adanya kecocokan bukti yang berhubungan dengan kerangka sejarah Indonesia. Abad ke 8 masehi merupakan abad masa kejayaan Wangsa Syailendra banyak candi-candi kecil yang di temukan di sekitar kaki gunung dan lereng gunung. Nah, dari bukti-bukti dia atas maka dapat kita simpulkan bahwa sejarah Terbentuknya candi Borobudur yang mendirikan pertama kali adalah wangsa Syailendra pada abad ke 800 Masehi.

READ  Sejarah Kerajaan Banten ( Raja-Raja,Peninggalan,Kehidupan Politik,Kehidupan Ekonomi,Masa Kejayaan Serta Masa Keruntuhan

Langkah – Langkah pembuatan Candi Borobudur

Dari bukti yang berupa serat dan corak batuan yang di pakai dalam pendirian Candi Borobudur, serta sejumlah prasasti . di perkirakan bahwa awal mula terbentuknya candi Borobudur yang membangun adalah wangsa Syailendra dalam waktu sekitar 50 tahun. Pendirian candi ini dilakukan dengan beberapa  proses di antaranya :

  1. Prose Pertama : Pendirian tata susun bertingkat dengan sketsa membuat piramida berunduk. Tapi analisa korban menunjukkan bahwa susunan tersebut di bongkar lagi dan di susun ulang . di karenakan kesalahan sketsa sehingga proses ini belum dikatakan sejarah terbentuknya candi Borobudur .
  2. Proses kedua : pada proses ke dua : pondasi candi Borobudur di perluas. Dan di tambah dengan 2 tangga berundak berbentuk persegi dan satu undak lingkaran. Tangga ini kemudian langsung di kombinasi dengan stupa induk besar
  3. Proses Ketiga : hasil kombinasi undak dengan stupa papda proses ke dua dilakukan pembongkaran dan di gantikan dengan 3 bentuk undakan lingkaran. Sebagian stupa di pasang di puncak undak-undak.
  4. Proses ke Empat : Di perkirakan ada perombakan kecil seperti perombakan relief, di tambahkannya semacam tangga, dan pemakain lengkung di atas pintu masuk.

Awal Mula Penemuan Candi Borobudur

Sesudah candi Borobudur di bangun, beberapa prasasti menjelaskan bahawa candi Borobudur  di pergunakanakn oleh kaum budha untuk tempat Ibadah ataupun Ziarah. Pemakain candi ini berjalan dalam waktu cepat, yaitu sekitar 150 tahun.

Jelasnya pemakaian candi ini memang tidak sesuai dengan lama waktu pembangunannya. Hal ini di tandai dengan terjadinya  migrasi besar-besaran kaum budha di sekitar candi di karenaktuntuhnya Wangsa Syailendra . mereka terdorong oleh keberadaan kaum hindu yang secara langsung memang lebih banyak.

READ  Sejarah Kerajaan Demak Singkat ( Kehidupan Politik, Ekonomi, Sosial Dan Budaya)

Dengan semakin minimnya para pemeluk agama budha  di sekitar wilayah Magelang. Candi ini kemudian tidak di pakai lagi. Candi ini tidak terawatt sama sekali dan sebagain dari candi di rusak oleh orang- orang yang belum paham tentang berartinya sejarah di masa depan,

Karena tidak terurus, candi Borobudur pun kemudian semakin rusak. Akibat jeda waktu yang cukup lama membuat candi ini di tumbuhi pepohonan-pepohonan besar  dan tertimbun oleh abu vulkanik yang ada di sekitar gunung dan sekarang tertimbun di dalam tanah.

Penemuan Kembali Candi Borobudur

Siapa pun orang yang disana tidak akan mengetahui bahawa ada candi megah  di bawah pijakan kaki mereka. Namun situasi berganti setelah tahun 1814 Masehi, Sir Thomas Stamford Rafless menemukan pecahan-pecahan batuan yang usianya sudah tua.

Sir Thomas Stamford Rafles ialah Gurbernur Jendral dari inggri yang mengatur Indonesia pada waktu peralihan dari Belanda Ke inggris pada tahun 1811M samapai 1816M. ia dikatakan sebagai orang pertama yang mengupas Sejarah candi Borobudur.

Dia menyuruh anak buahnya untuk menggali tanah di sekitar tempat dia menemukan batuan tua itu. Ternyata betul, sebuah tumpukan batu besar membentuk seperti piramida raksasa. Rafles selanjutnya memerintahkan anak buahnya untuk melanjutkan pekerjaannya , akan tetapi karena alasan perang pekerjaan ini jadi terbengkalai.

Pada tahun 1835 M, Hartman, Gurbernur Jendral Belanda meneruskan proses pengangkatan candi Borobudur yang sempat di tinggalkan oleh rafles semasa inggris mengalami kekalahan dalam berperang merebutkan daerah jajahannya yakni Indonesia.

Hartman Menggerakkan begitu banyak pekerja untuk menggali tumpukan itu.  Dia sangat terpikat pada candi yang di temukannya dan berusaha membersihkan puing-puing yang mengotori candi Borobudur.

READ  Misteri Wisata Kayangan Api Bojonegoro Jawa Timur

Perbaikan Candi Borobudur Tahap berikutnya

Karena disibukkan dengan  goyahnya politik,militer,dan perekonomian ketikan perang dunia pertama, sejumlah pemerintah yang sempat memimpin di Indonesia menjadi tak peduli dengan peninggalan sejarah yang memiliki nilai sejarah yang tinggi. Candi itu di biarkan begitu saja tanpa ada perawatan sedikit pun.

Seiring berlangsungnya waktu, di saat kondisi Negara mulai membaik pada tanggal 10 Agustus 1973. Perbaikan candi dilanjutkan pada zaman presiden Soeharto memimpin. Tanda bukti perbaikan ini yaitu berupa prasasti dengan berat 20 ton yang sengaja dibuat dan di tempatkan di sebelah Barat Laut Candi yang dihadapkan  ke Timur.

Anehnya, perbaikan candi Borobudur di kerjakan oleh 600 pekerja yang mayoritas tenaga-tenaga muda lulusan SMA dan STM bangunan yang sebelumnya sempat di berikan pendidikan dan keterampilan yakni, Chemika Arkeologi dan Teknologi Arkeologi.

Mereka asli dari pribumi bangsa Indonesia tidak ada satupun dari tenaga ahli luar negeri . beberapa bagian yang di perbaiki dari Candi Borobudur pada waktu itu diantaranya meliputi Rapadhatu,kaki candi,teras dan stupa.

Proses perbaikan candi ini membutuhkan waktu sekitar 10 tahun dan perbaikan candi ini di selesaikan pada tanggal 23 Februari 1983.

Demikian sedikit ulasan mengenai Sejarah Terbentuknya Candi Borobudur

Add Your Comment