Sejuta Manfaat Kayu Gaharu Asli Indonesia

Author: | Posted in sejarah indonesia No comments

Manfaat Kayu Gaharu Asli Indonesia Berasal Dari Surga

kayu gaharu indonesia

Manfaat Kayu Gaharu- Indonesia terkenal sebagai negara yang memiliki hutan tropis yang sangat luas dengan bermacam spesies tanamannya yang mempunyai keunikan tersendiri. pepohonan yang tumbuh di hutan Indonesia sendiri juga terkenal namanya sampai ke negara lain sebab di anggap mempunyai banyak sekali manfaatnya. Baik itu dipakai untuk bangunan, ataupun manfaat-manfaat lainnya.

Dari berbagai jenis pohon di Indonesia, Gaharu bisa dikatan yang paling memiliki pamor. Tumbuhan yang banyak dijumpai di daerah Kalimantan ini terkenal mempunyai begitu banyak manfaatnya, terutama dari segi nilai ekonomisnya yang super high. karena luar biasanya, Gaharu sampai diberi nama pohon surga.

Kandungan Resin dalam Gaharu

kandungan kayu gaharu

Gaharu sendiri sebetulnya merupakan sejenis kayu berwarna kehitaman yang didalamnya mengandung sejenis resin khas. Resin itu ternyata diperoleh dari mikroba berjenis fusarium sp. yang menjadikan nilai jualnya sangat tinggi. Pohon Gaharu dapat tumbuh sampai puluhan meter dengan diameter rata-rata 40 sampai 60 cm.

Kayu yang sudah tua itulah yang nantinya bisa menghasilkan resin biasanya mulai berbentuk saat pohon sudah berusia 25 tahun. tetapi saat ini para pemilik telah menemukan cara supaya resin dapat cepat tumbuh yakni, dengan cara menyuntikkan mikroba kedalam batang pohon yang usianya minimal 5 tahun.

Wangi Yang Khas Dan Harga Mahal

wangi khas kayu gaharu

Banyak negara yang tertarik untuk membelinya karena kayu ini memiliki aroma khas yang diperoleh dari resin atau gabulnya. Itu sebabnya banyak produsen sampo, kosmetik, dan parfum yang memakai gaharu sebagai bahan dasarnya. Bahkan tidak sedikit pula parfum ternama menggunakan gaharu dalam salah satu bahan dasarnya dan komposisinya.

Wangi itu bisa dengan mudah kita hirup hanya dengan membakar kayu saja tanpa harus memprosesnya terlebih dahulu. Itu sebab kenapa banyak yang cerita bahwa kayu ini juga dipakai untuk dupa untuk spiritual. Adapun negara-negara yang selalu memesan tanaman ini yakni, Oman,Saudi Arabia, Cina, jepang, dan Singapura.

Alasan Kayu Gaharu Berasal Dari Surga

kayu gaharu surga

Kenyataan lain yang mengherankan dari tumbuhan ini adalah isu tentang asalnya dari surga. Kayu yang banyak juga dijumpai di Merauke, Sulawesi, dan Sumatra ini diyakini memiliki nilai jual tinggi karena berasal dari tempat suci itu. bukti tersebut ditafsirkan Imam Bukhori yang bunyinya :

“Golongan penghuni surga yang pertama kali masuk surga adalah berbentuk rupa bulan pada malam bulan purnama, … (sampai ucapan beliau) …, nyala perdupaan mereka adalah gaharu, Imam Abul Yaman berkata, maksudnya adalah kayu gaharu.” Sabda Rasulullah dari Abi Hurairah Radliyalahu ‘anh.

Khasiat Kayu Gaharu

khasiat kayu gaharu

Baik kayu maupun daunnya dikatakan menyimpan banyak sekali kegunaan bagi kesehatan contohnya mengobati masalah ginjal, sembelit, kembung, diare, sampai masuk angin. Selain itu untuk penderita asma dan hipertensi juga mengatakan penyakitnya sembuh setelah terapi dengan memakai gaharu. Wangi dari pembakaran kayu ini juga diyakini bermanfaat sebagai aroma terapi yang membuat tubuh lebih baik.

Tidak sedikit orang yang memperjual belikan kayu gaharu tersebut. Para pengrajin meyakini bahwa bila gelang gaharu digunakan secara rutin maka pemakainya akan merasakan khasiatnya seperti menjadikan orang lebih tenang dalam menghadapi masalah,lebih khusyuk saat beribadah,dan lainnya.

Kebanyakan orang yakin bahwa kayu ini memiliki unsur mistis yang tidak bisa di cernak dengan akal manusia. Banyak sekali orang dengan sengaja mendapatkannya di Kalimantan tapi tidak sedikit pula yang gagal. Terlepas benar tidaknya kabar ini yang pasti perdagangan kayu ini saat ini mulai dibatasi karena jumlahnya yang semakin langkah. Yang pasti masyarakat selama ini sudah terbantu secara ekonomis lewat penjualan gaharu ini.

Jenis Kayu Gaharu Di Indonesia Yang Punya Harga Mahal :

  1. Aquillaria Malaccensis, kayu ini paling banyak diolah membuat menjadi gelang, tasbih, kalung dan sebagainya. Untuk jenis ini bisa diketemukan di india, thailand dan Indonesia.
  2. Aquillaria Beccarian, yang kedua, mempunyai kualitas yang bagus juga. Jenis ini hanya tumbuh di Indonesia saja
  3. Aquillaria Cumingiana, yang ke tiga spesies kayu gaharu yang pamor dunia sebagai kayu dengan kualitas tinggi, tumbuhan ini bisa ditemukan di Filipina sama di Indonesia.
  4. Aquaillaria Hilata yang ke empat tumbuhan ini bisa diketemukan di Malaysia sama di Indonesia, spesies ini masih jadi jenis kayu yang bagus.
  5. Aquillaria Microcapa, jenis yang terakhir, tumbuhan bisa ditemukan di Malaysia dan Indonesia, serta menduduki posisi peringkat paling terakhir

demikian sekilas informasi mengenai manfaat kayu gaharu semoga bermanfaat bagian kalian semua >>>

Add Your Comment