8+ Top List Tempat Wisata Kota Sidoarjo Jawa Timur Terpopuler

Author: | Posted in wisata No comments

Tempat Wisata Kota Sidoarjo – Pada Pembahasan Sebelumnya Pintasilmu.com telah membahas Tempat Wisata Di Mojokerto. dan pada kesempatan kali ini kita akan menjelaskan sedikit tentang Tempat Wisata Kota Sidoarjo kawasan dengan destinasi wisata yang menarik yang ada di Provinsi Jawa Timur. kota sidoarjo ini  cirri khas nya identik dengan ikan Bandeng dan Udang. Letak kota Sidoarjo tidak begitu jauh dari Ibu Kota Jawa Timur yakni Kota Surabaya. Kota ini menjadi penyangga kota Surabaya dalam bidang perekonomian daerah dan perdagangan. Selain hal itu Sidoarjo juga terdapat banyak Wisata yang menarik dapat menarik perhatian pengunjung.

List Tempat Wisata Kota Sidoarjo Jawa Timur

Berikut ini nama-nama tempat wisata di kota sidoarjo jawa timur :

1. Panorama Pantai Kepetingan yang mempesona

wisata sidoarjo

pantai kepetingan

Kota Sidoarjo juga mempunyai banyak obyek wisata yang menarik untuk kalian datangi loh. Obyek wisata ini berada di plosok kota Sidoarjo yakni tepatnya di Desa Sawohan. Yang merupakan Sebuah desa yang ada di Kecamatan Buduran, Sidoarjo Jawa Timur.

Di obyek wisata ini kalian bisa merasakan panorama alam yang mempesona. Dan di tempat ini pula kalian juga bisa menyewa perahu sembari berkeliling memakai perahu untuk merasakan keindahan pantai Kepetingan.

Di sekitar pantai terdapat hutan bakau yang hijau, sehingga pemkalianngan alamnya sangat eksotis. Serta kondisi alam yang masih asri dengan di temaninya suara kicauan burung yang merdu .

Pantai Kepetingan juga kerap sekali di pakai sebagai tempat upacara nyadran. Jadi intinya kalian bisa berwisata alam sekaligus wisata budaya.

2. Koleksi Bersejarah Museum Mpu Tantular Di Sidoarjo

museum sidoarjo

museum mpu tantular

Museum ini di dirikan di atas lahan yang memiliki luas kira-kira 3,28 hektar. Lokasi ini berada di Jl Buduran. Di dalam museum ini kalian bisa melihat berbagai macam jenis benda kuno atau benda bersejarah peninggalan zaman kerajaan dan zaman penjajahan di masa silam.

Tempat ini merupakan destinasi wisata edukasi yang sangat cocok sekali bagi kalian yang gemar belajar sejarah. Di dalamnya juga terdapat koleksi Etnografi yang beragam, koleksi emas, dll. Museum ini bisa juga kalian jadikan sebagai tempat alternative wisata bersama keluarga.

3. Pemancingan Delta Fishing Di Sidoarjo

pemancingan sidoarjo

delta pemancingan

Di Pemancingan Delta Fishing Kalian bisa menikmati sensasi stright memancing. Tidak hanya memancing saja tapi kalian juga bisa menikmati ikan hasil tangkapan kalian.

ikan-ikan di kolam ini mayoritas ikan jenis air tawar seperti ikan Mujahir, Gurame, Bandeng. Cukup banyak aneka ragam bukan ? Di tempat ini juga disediakan berbagai fasilitas lainnya seperti Kolam renang. Dan juga wahana lain seperti Outbond dan Flying fox.

Bagi kalian yang suka wahana extreme adrenalin wisata ini sangat tepat untuk mengisi liburan kalian ataupun liburan bersama keluarga.

4. Wisata Lumpur Lapindo

lapindo sidoarjo

lumpur lapindo

Masih ingat bukan betapa tragisnya bencana lumpur Lapindo yang berhasil membanjiri pemukiman masyarakat Sidoarjo 11 tahun silam. Bencana yang di sebabkan oleh aktivitas pengeboran perusahaan Lapindo ini telah menghabiskan harta benda dan kehidupan masyarakat sekitar. Bahkan,sebagian dari area Sidoarjo sudah berubah menjadi hamparan lumpur.

Namun, ternyata di balik ketragisan itu terdapat pula hikmah yang perlahan mulai terkuak. Salah satu satunya yaitu sebagai potensi wisata. berkat informasi di berbagai media berita banyak orang jadi penasaran sehingga akhirnya berbondong-bondong untuk menyaksikan lautan lumpur Lapindo. Dan perlahan, kondisi ekonomi masyarakat sekitar mulai kembali bergerak akibat banyak yang berkunjung.

Tidak hanya hal itu saja kini di kawasan wisata itu ini juga terdapat wisata yang unik, yaitu wisata patung lumpur. Kalian bisa menemui bermacam-macam patung-patung unik yang dibuat layaknya seperti orang tenggelam dalam genangan lumpur.

Jika tertarik Kalian bisa langsung mendatangi wisata Lumpur Lapindo yang berada di kecamatan Porong, Sidoarjo. Di sini, Kalian hanya membayar biaya parkir kendaraan saja.

5. Alun-Alun Dan Monumen Sidoarjo

alun-alun sidoarjo

alun-alun

Alun-alun kota ini selalu menjadi pilihan utama masyarakat Sidoarjo untuk berlibur di akhir pekan. Taman kota dengan rumput yang terawat, bercampur dengan lebatnya pohon palem raja, menjadikan pengunjung betah berlama-lama berada di alun-alun ini.

bermacam aktivitas dapat Kalian lakukan di tempat ini, seperti berolahraga, joging, hingga wisata kuliner. banyak beraneka ragam masakan kuliner mulai dari jajanan sederhana hingga makanan khas kota Sidoarjo yang bisa Kalian nikmati. Bahkan, tersedia kereta kuda jika kalian malas untuk berjalan di area ini. Kalian pun dapat mengabadikan momentum ini dengan berselfie Monumen Jaykalianru lengkap dengan Patung Udang dan Bandeng yang ikonis.

6. Sentra Tas Tanggulangin Sidoarjo

tas tanggulangin sidoarjo

tas tanggulangin

Wisata Tanggulangin ini merupakan pusat untuk penjualan tas wanita. Tas wanita yang dihasilkan di Sentra Tas Tanggulangin tidak hanya dipasarkan di dalam negeri melainkan diekspor ke luar negeri juga.

Model tas yang dihasilkani dari Sentra Tas Tanggulangin memang sangat menarik bahkan pembuatannya juga terbilang awet. Pengunjung domestik tidak perlu merasa kawatir sebab harganya sangat bersahabat.

Letak Wisata Sentra Tas Tanggulangin ini berada di Jl. Desa Kludan. Di sana tidak hanya ada satu kios yang menjual tas,namun melainkan di setiap sepanjang jalan terdapat banyak toko yang menjual produksinya sendiri-sendiri.

Produsen tas ini salah satunya adalah Intako yang telah memenuhi stkalianr kualitas untuk tas di dunia, sehingga tidak heran jika banyak peminatnya baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

7. Sun City Waterpark

waterpark sidoarjo

waterpark

Sun city waterpark merupakan taman bermain air yang telah ada sejak tahun 2004. Letaknya berada di Jl. Pahlawan Sidoarjo. Sama layaknya waterpark pada umumnya, di dalam Sun City Waterpark terdapat aneka wahana permainan seperti waterboom, flying fox, outbound dll.

Wahana permainan serta fasilitas sun city sudah terbilang lengkap. Perkembangan nya pun terbilang cukup pesat karena ada beberapa tambahan fasilitas baru di antaranya yaitu, life guard, medical center hingga panggung hiburan. Sementara untuk wahana air yang menjadi perhatian utamanya waterboom serta dragon sliding.

8. Pulau Sarinah dan Obyek Wisata Bahari Telocor yang indah

sarinah sidoarjo

pulau sarinah

Di Sidoarjo juga ada wisata baru yang indah, yaitu Pulau Sarinah. Pulau sarinah merupakan pulau buatan hasil sedimentasi Lumpur Lapindo di Sidoarjo Jawa Timur.

Wisata baru ini berada di Desa Kedung pkaliann yang ada di Kecamatan Jabon Sidoarjo. Obyek wisata ini selalu ramai wisatawan pada saat hari libur dan akhir pekan.

Di tempat ini kalian bisa merasakan pemkalianngan alam yang indah,hijau dan asri. Dari tempat ini kalian juga bisa menaiki perahu yang memberikan sensasi extreme karena sapuan ombak kecil.

Demikian beberapa tempat wisata kota Sidoarjo Jawa Timur yang dapat kalian kunjungi. Objek wisata di atas terbilang lengkap dan bervariasi, mulai dari wisata religi, wisata alam ataupu wisata budaya hingga wisata belanja dan wisata kuliner. Kalian bisa berlibur bersama keluarga untuk merasakan sensasi aneka tempat wisata yang ada di Sidoarjo Jawa Tmur.

 

No Responses

Add Your Comment