Zaman Peradaban Islam Lengkap (Masa Kerasulan,Khulafaur Rasyidin, Serta Kemunduran Peradaban Islam)

Author: | Posted in sejarah dunia No comments

peradaban islam

Pada Pembahasan Sebelumnya Pintasilmu.com telah membahas mengenai mitos candi cetho. dan pada kesempatan kali ini kita akan menjelaskan sedikit tentang Zaman Peradaban Islam.

sudah 14 abad umat Islam membuat peradaban dan terdapat beberapa catatan bersejarah pembuatan peradaban tersebut. Islam sebetulnya bukanlah agama yang baru melainkan ajaran Nya telah disempurna oleh Nabi Muhammad SAW. islam merupakan ajaran ketauhidan dan perintah untuk menyembah Allah. Adapun Catatan sejarah yang terdaptat dalam peradaban Islam dapat kita lihat dalam penjelasan berikut ini tentang sejarah peradaban islam.

Zaman Peradaban Islam Sebelum Kerasulan Nabi Muhammad

Masyarakat mengira bahwa Islam dibawa oleh Nabi Muhammad SAW namun sebetulnya Islam sudah ada sejak masa Nabi Adam As meskipun ajarannya belum sempurna

1. Zaman Kenabian Sebelum Rasulullah

Sebelum di perintahnya Rasulullah SAW para nabi dan rasul dulunya hanya menyampaikan wahyu saja kepada umatnya sendiri-sendiri. hal ini berbeda ajaran yang di bawa Muhammad SAW yang bersifat universal. Seperti halnya para nabi dan rasul yang di perintah di berbagai kaum misal Nabi Musa yang diperintah pada kaum Bani Israil maupun Nabi Luth yang di perintah pada kaum Negeri Sodom (

2. Keadaan Manusia Masa Sebelum Kenabian Muhammad

Pada zaman itu Islam masih belum di pelajari oleh masyarakat para nabi serta Rasul mendapat perlawanan dari kaumnya. dan bahkan mereka mendapatkan siksaan dan perlakuan kejam oleh kaum kafir.

Walaupun demikian ada sebagian kejadian penting sebelum kenabian Muhammad SAW seperti didirikannya atau perbaikan Baitullah yang sekarang disebut sebagai Ka’bah oleh Nabi Ibrahim As beserta putranya Ismail As. Sejarah Islam pun berkelanjutan dari Nabi ke nabi dan rasul ke Rasul pada setiap masa. Padan akhirnya peradaban Islam baru di awali setelah di perintahkannya Nabi Muhammad SAW ke dunia.

Zaman Kerasulan Nabi Muhammad SAW

Kelahiran Nabi Muhammad SAW tepat pada tanggal 12 rabi’ul dan lahirnya Muhammad suatu awal dari penyempurnaan agama Islam yang dipeluk umat muslim di dunia sekarang. Muhammad SAW merupakan rasul terakhir yang menerima wahyu dari Allah melalui perantara Malaikat Jibril dan Wahyu itu dikenal dengan sebutan kitab Alquran sebagai pedoman hidup kaum muslimin.

bukan hanya Alquran saja yang dijadikan pedoman bagi umat muslim melainkan Hadits Rasulullah juga dijadikan sebagai pedoman lain dalam memilih kehidupan manusia terutama umat Islam itu sendiri.

Pada masa nabi Muhammad memimpin peristiwa yang terjadi itu di catat dalam sejarah umat Islam diantaranya :

1. Pertempuran Umat Islam

Umat islam saat kepemimpinan Rasulullah mengadakan pertempuran dalam Perang Uhud, Perang Badar, dan berbagai perang lainnya selain hal itu rasulullah berhasil merampas kota Mekah saat peristiwa Fathul Mekah.

Sesudah kejadian Fathul Mekah begitu banyak Masyarakat kaum Arab berbondong-bondong masuk islam kemudian dimulailah pendirian dan segala sesuatu yang mendorong perkembangan Islam dan syiar di Jazirah Arab.

2. Pemulihan Fungsi Ka’bah Dan Pembangunan Mekah

Ketika itu Ka’bah mulai disucikan kembali dan berhala-berhala sembahan kaum Quraisy dimusnahkan semuanya. Rasulullah SAW dan para umatnya mendirikan masjid besar seperti Masjid Nabawi, dan masjid-masjid lainnya yang berguna untuk tempat beribadah umat muslim pada waktu itu.

Islam Mulai disebar luaskan ke berbagai Negara luar seperti saat Rasulullah mengirimkan utusan dari kerajaan Persia dan kerajaan lain yang ada di sekililing Jazirah Arab. walaupun Rasulullah mengalami penolakan dari negeri itu. Setelah Rasul wafat kepemimpinan umat Islam dilanjutkan oleh Khulafaur Rasyidin.

Zaman Khulafaur Rasyidin

Khulafaur Rasyidin atau bisa juga disebut sebagai empat khalifah besar yang memimpin umat Islam setelah meninggalnya Nabi Muhammad SAW.  memberi pengaruh penting dalam mengembangkan dan menumbuhkan peradaban Islam di dunia. empat khalifah tersebut adalah Abu Bakar As Siddiq, Umar Bin Khattab, Utsman bin Affan, dan Ali Bin Abi Thalib.

Berikut ini peristiwa penting pada masa 4 kekhalifahan tersebut adalah :

1. Masa Khalifah Abu Bakar As Siddiq

Abu Bakar As Siddiq merupakan khalifah pertama yang dinobatkan menjadi pemimpin setelah wafatnya Rasulullah SAW. Pada saat ke khalifahan Abu Bakar As Siddiq muncul perang riddah di mana perang itu bertujuan memerangi golongan yang murtad.

Salah satunya ialah golongan Musailamah Al Kadzab yang menganggap sebagai nabi palsu. Melainkan hal itu Abu Bakar as-siddiq juga menggalakan pembinaan administrasi kepemerintahan dan membuat musyawarah kepemimpinan untuk memutuskan Segala keputusan yang bersangkutan dengan para umatnya.

2. Masa Khalifah Umar Bin Khattab

Pada masa ke khalifahan Umar Bin Khattab ada beberapa perbaikan dalam sistem kepemerintahan yakni, pembangunan administrasi, dan pemisahan kekuasaan. Selain hal itu Umar Bin Khattab juga menetapkan sistem gaji bagi para pegawai pemerintahan,pajak,dsb.

3. Masa Khalifah Usman Bin Affan

Pada masa khalifah usman bin Affan Islam mulai berkembang hingga mencapai Turki,  Armenia dan sekitarnya. Kekuasaan Islam di daerah-daerah itu dipimpin oleh Marwan bin Hakam. Selain itu pada zaman Khalifah Usman banyak terjadi pembangunan di daerah Arab tepatnya perluasan Masjid Nabawi di Madinah.

4. Masa khalifah Ali bin Abi Tholib

Zaman kekhalifahan Ali Bin Abi Thalib tidak begitu lama banyak hal yang terjadi misalnya pecahanya umat muslim serta pemberontakan para golongan murtad. Banyak pejabat yang di phk pada waktu itu dan khalifah Ali juga menarik kembali tanah wakaf serta membuat diskriminasi pajak.

Sesudah setelah ke khalifahan Ali berakhir maka berakhir lah sudah masa pemerintahan Khulafaur Rasyidin. Kemudian pemerintahan Islam di lanjutkan oleh kekuasaan Bani Umayyah dan Bani Abbasiyah.

Islam Pada Masa Bani Umayyah dan Bani Abbasiyah

Sesudah waktu kepemimpinan Khulafaur Rasyidin usai maka umat Islam di Jazirah Arab di ambil alih oleh Bani Umayyah dan Bani Abbasiyah. Pada waktu pengaturan dua dinasti ini Islam banyak mengalami kemajuan seperti kemajuan pesawat dan mulai di sebar luaskan ajarannya sampai ke Eropa.

1. Masa Daulat Bani Umayyah

Dinasti Bani Umayyah berjalan selama 90 tahun dan kepemimpinan berbentuk monarki hereditas yaitu pemimpinnya diturunkan atas nasab. Central dan ibu kota Bani Umayyah berada di damaskus dan menganut aliran sunni. Pada waktu itu Islam mulai masuk ke Eropa pertama melalui Spanyol atau daerah Andalusia.

Terjadinya pertempuran antara tentara Islam yang dengan pasukan raja Visigoth dari Spanyol atau dikenal sebagai perang Guadalitte. dan Setelah mengalami kemunduran yang disebabkan karena  penghianatan dan tipu muslihat mengakibatkan kekuasaan Bani Umayyah berakhir kemudian di lanjutkan oleh daulat Bani Abbasiyah.

2. Masa daulat Bani Abbasiyah

Pemerintahan Bani Abbasiyah berjalan sekitar 508 Tahun. Pemerintahan Bani Abbasiyah di dorong oleh kerajaan Persia dan Turki hingga mencapi kejayaannya. pada saat pemerintahan Khalifah Harun Al Rasyid dan putranya Al Ma’mun.

Pemerintahan Dinasti Bani Abbasiyah tidak tetap atau berubah-ubah sesuai dengan raja yang memimpin dan central pemerintahannya terletak di Kota . Dinasti itu menganut aliran Syiah dan pada saat ke khalifahan Bani Abbasiyah, Islam maju pesat dalam bidang ilmu pengetahuan dan bahkan melampaui dunia barat. akhirnya bani Abbasiyah mengalami kemunduran yang di akibatkan karena persaingan konflik keagamaan.

Dunia Barat Abad Pertengahan

Banyak perubahan dan perkembangan kehidupan terutama di abad pertengahan. Pada waktu itu terdapat parak yang sangat mencolok antara keadaan kehidupan umat Islam di Eropa dengan bangsa barat yang ada di benua itu.

1. Keadaan Bangsa Barat Pada Abad Pertengahan

Abad pertengahan yang berjalan sekitar tahun ke-7 sampai tahun ke-11 Masehi dapat di anggap sebagai abad kegelapan. Minimnya ilmu pengetahuan serta masyarakat barat yang tinggal di lingkungan kumuh dan penduduknya tidak lebih dari 25000 jiwa. Tempat tinggalnya hanya terbuat dari batu dan mereka tinggal bersama dengan binatang peliharaannya.

Jalan jalan belum mendapatkan penerangan lampu mereka tidak mempunyai saluran air. Banyak penyakit yang melanda dikarenakan masyarakat Barat masih belum tahu cara menjaga kebersihan dengan baik. kehidupan mereka pada waktu itu sangat jauh dari kemakmuran dan kesejahteraan.

2. Keadaan Masyarakat Islam Pada Abad Pertengahan

Keadaan umat Islam pada abad pertengahan sangatlah berbeda dengan kondisi bangsa barat pada umumnya. Kota Cordoba Granada dan kota lainnya memiliki lebih dari 1000.000 jiwa. Ilmu pengetahuan serta arsitektur berkembang pesat. Juga dilengkapi penerangan jalan yang sangat baik serta sistem saluran air yang di pakai untuk menjaga kebersihan lingkungan. Banyak Bangunan indah dan taman-taman seperti istana Az Zahra Cordoba,benteng Alhambra ataupun istana Alhambra Granada.

Pada zaman ini juga mulai lahir ilmuwan-ilmuwan Islam khususnya di bidang kedokteran, matematika, filsafat, dan lain sebagainya. sebagian ilmuwan muslim dari abad pertengahan yang terkenal pada waktu itu yakni, Ibnu Sina atau dia merupakan penulis buku dasar ilmu kedokteran buku itu dikenal dengan nama Al Qanun Fi thib atau Canon of medicine.

Selain dari Ibnu Sina ilmuwan lainnya adalah Khawarizmi yang mengetahui dasar-dasar ilmu matematika atau yang dikenal dengan ilmu aljabar.

Zaman Kemunduran Peradaban Islam

Banyak hal-hal lain dan perkembangan yang dirasakan oleh masyarakat dalam membentuk peradaban Islam tapi akhirnya peradaban itu hancur akibat beberapa factor berikut:

  1. Timbulnya peperangan yang memukul mundur tentara muslim sehingga mereka harus pergi dari benua Eropa. Kerajaan barat mengusir umat Islam dari Eropa dengan sangat kejam
  2. Peradaban Islam di timur juga di bumi hanguskan oleh bangsa Mongol yang terkenal tidak berperikemanusiaan.

Semenjak  itu peradaban Islam mulai mengalami kemunduran dan sebaliknya bangsa barat mulai maju  karena memperoleh ilmu pengetahuan dari bangsa muslim. Mereka memusnakan semua ilmu pengetahuan dan mengganti kitab-kitab.

Kerajaan-kerajaan itu melakukan perluasan wilayah ke Asia hingga Amerika serta benua lainnya. Meskipun demikian peradaban islam tetap dapat tersebar luas ke seluruh penjuru dunia contoh kecil seperti Indonesia yang saat ini di kenal dengan agama islam.

Demikian ulasan mengenai Zaman Peradaban Islam semoga bermanfaat >>>

No Responses

Add Your Comment